Beranda Warganet Menko PMK minta bantuan sosial dari petani lokal hasil panen

Menko PMK minta bantuan sosial dari petani lokal hasil panen

siap telan lagi dari area panen

Balikpapan (ANTARA) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendi meminta bantuan sosial disalurkan dalam bentuk paket beras 10 kg selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menggunakan beras hasil panen petani setempat. .

“Bansos beras perlu dimanfaatkan untuk mendayagunakan hasil panen petani lokal sehingga juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Muhajir di Balikpapan, Selasa, dalam kunjungan sosialisasi stok beras di Kaltim dan Kaltara. . Gudang Badan Usaha (Bulog), Jalan R Soeprapto, Gunung Miskin.

Karena itu, Muhajir juga meminta Bulog Kaltimra tidak menggunakan beras impor untuk bantuan sosial.

“Di sini saya melihat beras impor, yang diimpor 2-3 tahun lalu, ditempatkan di tempat tersendiri, dan yang akan digunakan untuk bansos ini adalah beras lokal,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bulog Kaltim dan Kaltara Arrahim Kanam memastikan keamanan pasokan beras lokal. Dia juga bersedia menyerap beras dari petani lokal untuk persediaan di masa depan.

“Untuk perbekalan, insyaallah sudah siap. Panen akan dimulai kembali pada bulan Agustus dan kami kembali siap menyerap hasil panen dari lahan-lahan panen seperti Babulu, Paser dan Kutai Timur. Pagi ini kami sudah berkoordinasi dengan kelompok tani untuk menyerap beras untuk Kaltim,” kata Arrahim.

Menteri Mukhajir menambahkan, kualitas beras yang akan disalurkan sebagai bansos setidaknya harus sama dengan kualitas beras yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

“Oleh karena itu, saya selalu mengatakan bahwa kita memberi apa yang kita juga makan, apa yang kita suka,” kata Menteri Muhajir.

Oleh karena itu, Muhajir berterima kasih kepada Bulog Kaltimra yang telah menggunakan beras kualitas rata-rata untuk dibagikan kepada keluarga penerima manfaat.

Selama periode PPKM, pemerintah melalui Perum Bulog memberikan tambahan bantuan sosial berupa bantuan beras. Perum Wilayah Bulog Kaltimra akan memberikan bantuan kepada 111.536 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Kalimantan Timur dan 30.146 KPM untuk Kalimantan Utara. Setiap KPM akan menerima 10 kg beras.

Menurut Arrahim, bantuan yang disalurkan diterima 2.123 KPM di Kaltim dan 627 KPM di Kaltara. “Kami targetkan ekspansi ke seluruh Kaltim dan Kaltara pada awal Agustus mendatang,” kata Arrahim.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi di gudang Bulog Kalimantan Timur dan Kaltara di Balikpapan,
Selasa (27/7/2021). ANTARA / HO-HUMAS Kemenko PKM

Artikel sebelumyaKemensos memastikan masyarakat bisa ikut mengawasi penyaluran bansos.
Artikel berikutnyaKelompok sasaran: pembukaan pasar Tanah Abang sesuai peraturan