Beranda News Menko Eirlangga mendampingi Presiden bertemu dengan Joe Biden untuk membahas berbagai hal.

Menko Eirlangga mendampingi Presiden bertemu dengan Joe Biden untuk membahas berbagai hal.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di sela-sela KTT Perubahan Iklim ke-26 (COP26 Summit) 1-2 November di Glasgow, Skotlandia.

Airlangga mengatakan, dalam pertemuan dua pemimpin puncak Indonesia dan Amerika Serikat itu, sejumlah isu dibahas, termasuk geopolitik kawasan Indo-Pasifik.

“Pembicaraan mengenai geopolitik kawasan Indo-Pasifik, kepresidenan G20 Indonesia dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Aerolangga dalam sebuah pernyataan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Airlangga mengatakan dalam hal ini Presiden Jokovi menyampaikan kepada Presiden AS Joe Biden bahwa Indonesia dan Amerika Serikat menjaga kemitraan strategis dan kerja sama sosial ekonomi yang erat.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia mengundang Amerika Serikat untuk berinvestasi pada sumber energi baru dan terbarukan, termasuk pengembangan kendaraan listrik dan ekosistem baterai lithium.

Presiden AS Joe Biden dan Djokovi juga bertukar pandangan tentang penguatan demokrasi dan situasi global.

Mengenai pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, kata Ayrlangga, Joe Biden menyatakan dukungannya kepada Indonesia sebagai ketua G20 pada 2022.

Sementara itu, pada saat yang sama, Airlangga juga melakukan pembicaraan dengan pemilik Microsoft Bill Gates. Ketua DPP Golkar mengatakan pertemuan dengan Bill Gates membahas peluang kerja sama antara Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation dalam beberapa hal.

“Membahas pengembangan co-production mRNA, taksonomi pisang yang sangat beragam di Indonesia yang akan berkolaborasi dengan LIPI, dan sejumlah diskusi tentang inklusi keuangan,” kata Eirlangga.

Airlanga menambahkan, secara keseluruhan, Indonesia dan AS berharap hubungan baik yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan dan bermanfaat bagi kedua negara.

Menko Aylanggu juga didampingi Menteri Keuangan Shri Mulyani dan Menteri BUMN Erik Tohir pada resepsi Bill Gates.

Artikel sebelumyaKalsel waspada cuaca ekstrim
Artikel berikutnyaWapres Minta UI Tingkatkan Literasi Syariah di Masyarakat