Beranda Nusantara Mengatasi bencana alam, Bupati Garut mewajibkan alat berat disiagakan 24 jam sehari.

Mengatasi bencana alam, Bupati Garut mewajibkan alat berat disiagakan 24 jam sehari.

siapkan alat berat, ini untuk berjaga-jaga jika terjadi bencana

Garut (ANTARA) – Bupati Garut Rudi Gunawan meminta seluruh kendaraan alat berat di dinas terkait diwaspadai 24 jam sehari untuk menanggulangi dampak bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang mungkin terjadi di Garut saat musim hujan…

“Saya khusus minta Asisten 1, juga jajaran BPBD, dinas teknis siaga alat berat, ini kalau terjadi bencana,” kata Bupati di Garut, Jawa Barat, Senin.

Dikatakannya, sebelum musim hujan, BPRD Kabupaten Garut melakukan sosialisasi di 42 kecamatan di Garut terkait mitigasi bencana.

Semua camat, kata Bupati, dapat menghubungi kepala desa di semua tingkatan untuk memberikan wawasan dan proyeksi yang berbeda untuk pengurangan risiko bencana.

“Para camat langsung memanggil kepala desa ke gedung camat untuk menyampaikan hal-hal terkait sosialisasi hidrometeorologi, bencana alam yang mungkin terjadi di Garut,” ujarnya.

Dikatakannya, bencana hidrometeorologi di Kabupaten Garut dapat berupa banjir, tanah longsor, gerakan tanah, dan angin topan.

Dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan, mengambil langkah proaktif dan segera mengungsi jika berada di daerah yang sangat berpotensi terjadi bencana alam.

Selain itu, kata dia, masyarakat khususnya yang melakukan perjalanan di pegunungan harus mewaspadai bahaya petir saat musim hujan.

“Saya sudah lihat buktinya setiap tahun ada yang meninggal karena sambaran petir, mungkin cuaca tiba-tiba buruk, mendung atau sebagainya, ini sebagai pengingat bagi yang ke gunung, untuk saudara kita yang melaut., ” dia berkata.

Bupati menambahkan, dinas terkait siap mengambil langkah prioritas dalam setiap kasus bencana alam sebagai pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya mengingatkan Anda bahwa bencana saat ini dan masa depan dapat menjadi bagian dari apa yang kita hadapi,” katanya.

Artikel sebelumyaUmumkan Mitra 9 Area Paket KSO, Menteri Johnny: Lakukan Persiapan Integrasi BTS secara Bertahap
Artikel berikutnyaTetapkan Pemenang KSO, Menkominfo: Dorong Pengembangan Ekonomi Digital di Wilayah 3T