Beranda Warganet Mendes PDTT: Gernas BBI Percepat Transformasi Digital UMKM

Mendes PDTT: Gernas BBI Percepat Transformasi Digital UMKM

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pertanian, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berbicara tentang kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk mempercepat transformasi digital UMKM di Indonesia.

“Melalui pengalaman pandemi COVID-19, menjadi jelas bahwa yang mampu beradaptasi dengan tuntutan baru adalah mereka yang menggunakan teknologi informasi (TI) yang canggih, mereka yang bertahan,” kata Mendes kepada PDTT Antara di Jakarta, Minggu.

Ia melanjutkan, melalui digitalisasi, produk yang dihasilkan, baik UMKM maupun BUMDesma, dapat dihadirkan dan dijual ke semua pihak.

“Item ini bisa dihadirkan ke semua pihak melalui teknologi,” kata Gus Halim, panggilan akrabnya.

Dikatakannya, hari ini (Minggu, 10/10) salah satu produk lokal Kaltim yaitu stik sawit mulai diekspor ke Timur Tengah dan China.

“Ini terobosan yang luar biasa, kami terus berupaya agar potensi unggulan di setiap daerah bahkan di desa dapat ditingkatkan sehingga diketahui semua pihak. Sekarang orang mencari segala sesuatu yang tidak sulit, didistribusikan dengan cara ini melalui e-commerce, teknologi digital, berbagai platform. Padahal dibaca banyak orang di Kaltim,” ujarnya.

Menurut Gus Halim, kemampuan desa dalam mengelola potensinya bisa mencegah uang keluar dari desa.

“Kalau nanti desa ini bisa tukar uang sendiri, maka dananya akan masuk, karena bisa diekspor, ini luar biasa,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya acara Gernas BBI ini dapat menarik perhatian masyarakat luas bahwa barang-barang dalam negeri memang berkualitas.

Ditambahkannya, dengan munculnya kesadaran masyarakat bahwa produk dalam negeri yang berkualitas, UMKM termasuk BUMDes dan BUMDesma akan tumbuh.

“Selalu ada hubungan antara supply dan demand, ketika demand meningkat, supply tentu meningkat,” kata Gus Halim.

Artikel sebelumyaPemulihan dari COVID-19 pada 10 Oktober meningkat 1584
Artikel berikutnyaAkademik: Master harus melakukan tes terbuka untuk menguji AD/ART Partai Demokrat.