Beranda News Mendagri menetapkan Papua sebagai anggaran terbesar kedelapan Indonesia

Mendagri menetapkan Papua sebagai anggaran terbesar kedelapan Indonesia

Papua adalah anggaran terbesar kedelapan di seluruh Indonesia.

Manokwari (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan Dana Khusus Otonomi Papua meningkat 2,25 persen dari dana APBD nasional dan merupakan anggaran daerah terbesar kedelapan di Tanah Air.

“Papua memiliki anggaran terbesar kedelapan di seluruh Indonesia, dengan jumlah penduduk kurang dari lima juta jiwa,” kata Mendagri saat melakukan kunjungan kerja dengan Menko Polhukam Mohammad Mahfoud, MD di perbatasan antara Indonesia. dan Papua Nugini, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Minggu.

Mendagri mencontohkan, dibandingkan wilayahnya di Sumsel yang berpenduduk lebih dari 12 juta jiwa, anggarannya tidak sebesar di Papua.

Dikatakannya, wilayah Papua jauh lebih luas dari Jawa, sehingga ada kekhususan untuk mempercepat pembangunan.

Menurutnya, semangat kemajuan Papua adalah percepatan pembangunan. Dalam konteks ini, aspirasi diuji, dan ada beberapa aspirasi terkait pemekaran DOB.

Menurut dia, masyarakat berharap Papua dianeksasi menjadi tiga provinsi, salah satunya Papua Selatan, kemudian Papua Tengah, wilayah Mamta dan bagian utara yang ibu kotanya masih dibicarakan antara Timika dan Nabire.

“Kami akan merevisi UU Otsus Papua, Papua harus mempercepat pembangunan, menjawab keinginan pemekaran daerah,” katanya.

Ia menambahkan, atas arahan Menko Polhukam, pihaknya membahas dan menyiapkan peraturan pemerintah hingga 19 Oktober. Kemudian dia dikumpulkan lagi, mendengarkan aspirasi rakyat dari bawah.

Artikel sebelumyaPemkot Palembang mencabut izin pembukaan RD Cafe yang diduga sebagai tempat nongkrong narkoba.
Artikel berikutnyaPelatihan tatap muka terbatas di Bone Bolango