Beranda News Mendagri berharap IDA dapat mendorong peran polisi wanita di lapangan.

Mendagri berharap IDA dapat mendorong peran polisi wanita di lapangan.

Labuan Bajo (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Carnavian berharap International Association of Women Police Officers (IAWP) dapat mendorong peran polisi wanita (polwan) di kancah kepolisian.

“Kami berharap IAWP menjadi motor penggerak di belakang kesetaraan gender kata Tito kepada wartawan di Hotel Meruorah Labuan Bajo, NTT, Senin.

Dikatakannya, polisi memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat, yaitu menjaga ketertiban, keamanan, penegakan hukum dan peran lainnya bagi masyarakat.

Oleh karena itu, polisi perempuan harus membuktikan diri sebagai penggerak di belakang perempuan dalam mempromosikan kesetaraan gender, terutama di negara-negara yang belum menunjukkan keadilan gender.

Suasana World Conference of Women Police Officers atau 58th International Association of Women in Police Officers (IAWP) Training Conference 2021 hari kedua di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Senin (8/11/2021). ANTARA / Francisca Mariana Nuka

Perempuan dapat menjamin kesetaraan gender, sehingga perempuan tidak hanya dilihat sebagai elemen pendukung, tetapi juga menjadi focal point yang dapat berperan penting dalam berbagai aspek.

Tito mengatakan jumlah polisi wanita di Indonesia masih terbatas. Oleh karena itu, ia berharap jumlah polisi wanita di Indonesia bisa bertambah.

Dia mengatakan bahwa petugas polisi wanita dapat melakukan pekerjaan dan program yang sama dengan petugas polisi pria, termasuk melakukan tugas fisik dan berbahaya. Ia juga melihat bahwa ada tugas-tugas yang lebih disukai oleh polisi wanita daripada petugas polisi pria.

“Polwan seharusnya tidak hanya bergerak di sekitar titik TKP, tetapi juga berperan penting di pusat,” kata Tito.

Artikel sebelumyaBPK Tegaskan Dosen Udayana Tentang Pengelolaan Dana Insentif Daerah
Artikel berikutnyaTravis Scott menggugat atas tragedi konser Astroworld