Beranda Hukum Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dibebaskan bersyarat dari Lapas Sukamiskin

Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dibebaskan bersyarat dari Lapas Sukamiskin

Bang Irvandi saat ini bebas bersyarat.

Banda Aceh (ANTARA) – Mantan Gubernur Provinsi Aceh dan Ketua DPP Partai Nangro Aceh (PNA), Irvandi Yusuf dibebaskan bersyarat dari LP Sukamiskin Bandung setelah sebelumnya divonis bersalah melakukan korupsi di Yayasan Otonomi Khusus Aceh.

“Iya betul, saya baru dapat informasi dari Bu Steffi (istri Irvandi Yusuf, red) bahwa Bang Irvandi sudah dibebaskan bersyarat,” kata kuasa hukum DPP PNA Haspan Yusuf, Selasa malam di Banda Aceh. Ritonga.

Haspan mengatakan, surat pembebasan bersyarat Irvandi Yusuf sudah dikeluarkan sejak pagi tadi, kemudian proses lainnya dilakukan di kejaksaan dan lembaga pemasyarakatan.

“Hari ini baru saja berakhir dan Bang Irvandi sekarang bebas, artinya menurut perhitungan kami, dia masih dalam pembebasan bersyarat,” katanya.

Sejauh ini, Gaspan belum mengetahui persyaratan apa saja yang dikenakan kepada ketua umum DPP PNA tersebut, karena belum ada surat resmi yang diterima.

“Karena saya tidak punya surat dan saya tidak punya hubungan langsung dengan Irvandi, karena tidak mungkin menghubungi saya,” ujarnya lagi.

Istri Irwandi Yusuf, Steffi Burase, juga membenarkan mantan Gubernur Aceh itu dibebaskan bersyarat selama dua periode dan harus melapor.

“Memang benar (pembebasan bersyarat), bisa kemana-mana, tapi harus lapor,” kata Steffy.

Irvandi Yusuf ditangkap oleh PKC sekitar Juli 2018 dan dijatuhi hukuman penjara karena melakukan tindak pidana korupsi Dana Khusus Otonomi Aceh (DOKA) pada tahun anggaran 2018.

Mahkamah Agung pada kasasi memvonis mantan pemimpin Gerakan Aceh Merdeka (FAM) tujuh tahun penjara dan denda 300 juta rupee, serta tiga bulan penjara.

Artinya Irvandi Yusuf saat ini menjalani hukuman penjara di Sukamiskin selama kurang lebih empat tahun sejak putusan kasus Inkra.

Artikel sebelumyaKejaksaan Serang menahan Nikita Mirzani atas dugaan melanggar UU ITE
Artikel berikutnyaBNPT selidiki dugaan teroris bersenjata masuk ke istana