Beranda Warganet LaNialla ingatkan Bansos saat PPKM Darurat harus tepat sasaran

LaNialla ingatkan Bansos saat PPKM Darurat harus tepat sasaran

Pemerintah tidak bisa bertindak sendiri bergerac

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti mengingatkan, pemerintah yang akan mengembalikan penyaluran bansos pada Program Darurat PPKM di Jawa dan Bali mulai 3 Juli hingga 20 Juli harus tepat waktu.

“Bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat. Apalagi saat PPKM Darurat, semua aktivitas masyarakat sangat dibatasi. Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan bantuan sosial tersebut tepat sasaran atau benar-benar diterima oleh mereka yang terdampak pandemi, kata LaNialla dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Pada masa darurat PPKM, pemerintah akan menggelontorkan bantuan sosial berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300.000 per bulan. BST akan disalurkan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 34 provinsi.

“Program BST seharusnya sudah selesai bulan lalu. Namun, kebijakan pemerintah untuk melaksanakan PPKM Darurat telah memperpanjang program ini,” ujarnya.

Ia mengatakan antara Januari hingga April 2021, BST disumbangkan kepada 9,6 juta keluarga dengan anggaran Rp 11,94 triliun.

Untuk perpanjangan, BST akan dibayarkan pada Juli dan Agustus kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 34 provinsi. Perpanjangan BST akan membutuhkan anggaran sebesar Rp 6,1 triliun.

“Bansos ini akan diberikan paling lambat minggu kedua Juli. Kami berharap dapat membantu keluarga yang menghadapi situasi darurat. Oleh karena itu, kami meminta agar data penerima tersebut valid,” ujarnya.

Untuk menekan angka penularan COVID-19 di Indonesia, LaNyalla meminta semua pihak untuk bersinergi dan mematuhi aturan PPKM Darurat.

“Pemerintah tidak bisa bertindak sendiri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kami berharap semua sektor masyarakat akan terlibat dan sadar untuk melewati masa sulit ini bersama-sama. Sehingga kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa,” ujarnya.

Artikel sebelumyaWaspadai kemungkinan hujan lebat dan angin kencang di beberapa provinsi.
Artikel berikutnyaKaum muda harus mewaspadai penyebaran Delta.