Beranda Warganet KPPPA: Ada juga perusahaan yang mendiskriminasi pencari kerja penyandang disabilitas

KPPPA: Ada juga perusahaan yang mendiskriminasi pencari kerja penyandang disabilitas

Jakarta (ANTARA) – Deputi Deputi Deputi Perlindungan Anak Kondisi Khusus Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Elvi Hendrani mengatakan masih ada sejumlah perusahaan yang melakukan diskriminasi terhadap pelamar penyandang disabilitas.

Ia menilai, pelamar penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan cacat dari dokter/rumah sakit.

“Dan syarat unduh video berisi kegiatan sehari-hari, sedangkan calon pekerja lainnya tidak,” kata Elvi dalam webinar serial. konsultasi langsung tematik “Perlindungan Anak Disabilitas” yang dipantau secara online di Jakarta, Jumat.

Dikatakannya, pasal 11 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas mengatur tentang hak penyandang disabilitas untuk memperoleh pekerjaan baik di perusahaan publik maupun swasta.

Undang-undang ini juga mewajibkan pemerintah dan sektor swasta untuk mengalokasikan minimal 2 persen pegawainya untuk penyandang disabilitas.

Menurutnya, perubahan positif telah terjadi di dunia kerja sejak diberlakukannya undang-undang ini.

“Hal ini terlihat hampir di semua instansi pemerintah dan perusahaan yang membuka lowongan bagi penyandang disabilitas, tergantung disabilitasnya,” kata Elvi.

Sementara itu, UU Ketenagakerjaan juga mengatur kewajiban pengusaha untuk memastikan aksesibilitas dan kondisi yang memadai bagi penyandang disabilitas agar mereka dapat berinteraksi dan bekerja dengan baik.

Namun, pengusaha masih belum memahami apa itu disabilitas, sehingga menimbulkan kesalahpahaman tentang penyandang disabilitas.

“Penyandang disabilitas selalu dianggap sakit dan tergantung, sehingga menimbulkan ketidakadilan dan sikap diskriminatif,” jelasnya.

Artikel sebelumyaDinas Kesehatan Palembang minta tambahan vaksin COVID-19
Artikel berikutnyaDaerah tanpa hujan lebat di NTT bertambah menjadi 13 daerah.