Beranda Warganet Komisaris X: PP telah didesain ulang sehingga UI siap menghadapi tantangan global.

Komisaris X: PP telah didesain ulang sehingga UI siap menghadapi tantangan global.

Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi X DPR RI Sophian Tan menilai amandemen Keputusan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2021 tentang Piagam Universitas Indonesia (UI) harus disiapkan untuk menjawab tantangan global. .

“Piagam UI harus disiapkan dan disesuaikan agar UI bisa lebih cepat menyelesaikan masalah global dan meningkatkan peringkat universitas. Oleh karena itu, perlu dukungan dan kerja keras dari semua pihak civitas akademika UI,” kata Sofian Tan dari Fraksi PDI-P dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (27/7).

Ditambahkannya, sebagai mitra pemerintah, Fraksi PDI-P tentunya akan terus mencermati usulan-usulan konstruktif yang muncul di masyarakat, khususnya dari civitas akademika UI, sebagai bagian dari tugas memantau dan merespon aspirasi masyarakat. orang orang.

“Namun tentunya UI sebagai lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus mematuhi peraturan pemerintah,” ujarnya.

Perubahan PP yang hingga kini masih kontroversial itu tidak bisa dianggap enteng, kata dia, terutama terkait motivasi yang berbeda dalam menjalin hubungan antara pemerintah dan kampus UI.

Ia menambahkan, proses perubahan PP sama dengan proses perubahan PP lainnya. Selain itu, Majelis Wali Amanat (MWA) yang hadir sejak awal diskusi juga mengkaji mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Tentu kita harus menghormati keputusan ini, apalagi setelah PP ditandatangani oleh Presiden Djokovi,” katanya.

Sofyan mencatat, pembahasan perubahan atas Keputusan Nomor 68 Tahun 2013 menjadi Keputusan Nomor 75 Tahun 2021 telah dilakukan sejak tahun 2019 dengan melibatkan sejumlah pemangku kepentingan.

Tim yang terlibat dalam merumuskan perubahan PP kompeten dan memahami kebutuhan antarmuka pengguna di masa mendatang.

“MWA UI, Majelis Profesi (DGB) UI untuk pejabat pemerintah, juga berpartisipasi dalam rapat pembahasan PP. Diskusi tersebut juga dihadiri oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta berbagai menteri terkait seperti Menteri Keuangan Menkumham, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Menteri PAN RB,” kata anggota dewan dari daerah pemilihan Sumut I tersebut.

Artikel sebelumyaKemenkes: pasokan vaksin di kuartal IV terus bertambah
Artikel berikutnyaGugus tugas menemukan bahwa selama PPKM, jumlah kasus COVID-19 membaik.