Beranda Hukum Komandan Korps Brimob memberikan motivasi dan pesan kepada taruna Akpol

Komandan Korps Brimob memberikan motivasi dan pesan kepada taruna Akpol

Jakarta (ANTARA) – Panglima Korps Brimob, Irjen (Irgen) Paul Anang Revandoko memberikan arahan dan motivasi, serta menyampaikan pesan penting kepada para taruna dan taruna tingkat III Akademi Kepolisian (Akpol).

“Polisi adalah wakil negara dalam menegakkan hukum terhadap orang yang melanggarnya,” katanya saat berkunjung ke Akademi Kepolisian di Semarang, Jawa Tengah, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Apalagi, lanjut Irjen Anang, ada beberapa kelompok kriminal bersenjata yang berusaha menghancurkan dunia dan mengancam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Instansi kepolisian, khususnya Korps Brimoba, sebagai wakil negara yang fungsinya untuk mengatasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang tinggi, harus bertindak cepat. Oleh karena itu, negara harus selalu hadir dan tidak boleh kalah dengan kelompok kriminal bersenjata yang berusaha menghancurkan negara kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, Irjen Anang berpesan kepada calon anggota Polri untuk berusaha menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, ia juga meyakini bahwa taruna dan taruna tingkat III yang sedang mengenyam pendidikan adalah calon perwira yang kuat dan cinta tanah air.

“Saya yakin teman-teman semua setia, berani dan tidak segan-segan membela keutuhan NKRI,” ujarnya.

Irjen Anang Revandoko tidak hanya memberikan pengarahan, tetapi juga melihat demonstrasi perusuh dan pasukan anti anarkis oleh taruna dan taruna Akademi Kepolisian Tingkat Ketiga.

Sementara itu, Gubernur Akpola, Irjen Suroto, mengatakan Akpol akan membentuk aparat kepolisian yang mumpuni untuk menjalankan semua fungsi, termasuk Korps Brimoba. Dengan begitu, calon petugas yang dilatih memiliki pengalaman yang bisa langsung diterapkan di unitnya masing-masing.

Dalam proses pendidikan dan pelatihan, calon perwira didukung oleh infrastruktur yang memadai. Hal ini sesuai dengan harapan pimpinan fungsi daerah, agar alumni Akpol benar-benar siap untuk menunaikan tanggung jawabnya.

Irjen Suroto berharap ke depan akan muncul laboratorium khusus di Akpol untuk unit-unit seperti lalu lintas, brimob, detektif, intelijen. Hal ini juga dilaporkan langsung kepada Wakil Kepala Komisioner Umum Kepolisian Negara Republik Indonesia (Komien) Paul Gatot Eddy Pramono.

“Saya serahkan kepada Wakapolda, mohon informasikan kepada pengembang fungsi jika membeli alat baru maka satu alat akan disumbangkan ke Akpol. Setidaknya mengenalkan kepada taruna kita,” jelasnya.

Suroto juga mengapresiasi perhatian dan pembinaan yang diberikan Irjen Anang Revandoko kepada taruna Tingkat III dan Akademi Kepolisian. Ia berharap ke depan petugas bisa menerapkan rekomendasi dan pembekalan tersebut.

Artikel sebelumyaPelantikan Pengurus DPN PKP Periode 2021-2026
Artikel berikutnyaGubernur Jawa Timur menghadiri pelantikan lima pejabat senior di Grahadi