Beranda Warganet Ketua DPD berharap pemerintah meningkatkan pendidikan vokasi

Ketua DPD berharap pemerintah meningkatkan pendidikan vokasi

Surabaya (ANTARA) – Ketua DPD RI A.A. LaNyalla Mahmoud Mattalitti berharap pemerintah memperluas pendidikan vokasi di era Revolusi Industri 4.0.

“Karena saat ini kita membutuhkan lulusan yang lebih berkualitas daripada profesional,” ujarnya di sela-sela kunjungan kerja ke Surabaya, Kamis.

Indonesia harus sudah mengambil langkah-langkah teknis untuk melatih sumber daya manusia yang terampil untuk mengisi dunia usaha dan dunia industri melalui pendidikan tinggi berbasis vokasi, katanya.

Indonesia, kata LaNyalla, membutuhkan keseimbangan dalam hal penyediaan tenaga terampil melalui pendidikan vokasi dan vokasi.

Keduanya, kata dia, diperlukan untuk menahan laju peningkatan jumlah pengangguran terselubung dari jumlah lulusan perguruan tinggi.

Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada gerakan massa dalam mereformasi format pendidikan tinggi, dari pendidikan vokasi akademik ke transformasi selanjutnya menjadi pendidikan vokasi.

“Hingga saat ini, pendidikan vokasi relatif masih langka. Oleh karena itu, diperlukan reformasi regulasi yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan tinggi profesional yang lebih berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan dunia usaha,” ujarnya.

LaNyalla menginginkan tenaga spesialis dan tenaga terampil direkrut dari lulusan lokal, bukan dari luar negeri.

“Kebutuhan internal sangat besar, jangan biarkan spesialis luar memenuhinya. Prinsipnya, di negara kita, kita adalah tuan rumah, bukan tamu. Di sinilah dibutuhkan keterampilan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaPahlawan di tengah pandemi dan era revolusi industri 4.0
Artikel berikutnyaRatusan Aparat Polisi Berikan Penguasaan Lahan di KEK Bitung