Beranda Warganet Kementerian Sosial yang rawan bencana meminta adanya lumbung sosial di Jayawijaya.

Kementerian Sosial yang rawan bencana meminta adanya lumbung sosial di Jayawijaya.

Kami di Jayawijaya sangat rawan bencana alam, karena beberapa masyarakat berada di pinggiran Sungai Baliem, sehingga ketika terjadi banjir pasti masyarakat akan menderita. Sampai saat ini lumbung sosial belum tersedia, sehingga sulit bagi kami untuk membantu warga.

Wamena, Papua (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, mengharapkan Kementerian Sosial (Kemensos) menempatkan lumbung sosial di daerah tersebut karena merupakan daerah rawan bencana alam.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jayawijaya Nicholas Itlay di Wamenah, Minggu (9/11), mengaku pernah membaca di media bahwa Kementerian Sosial berencana membangun lumbung sosial di 10 kabupaten di Papua.

“Kami di Jayawijaya sangat rawan bencana alam, karena beberapa pemukiman berada di pinggiran Sungai Baliem, sehingga ketika terjadi banjir pasti masyarakat yang dirugikan. Sampai saat ini lumbung sosial belum tersedia, sehingga sulit bagi kami untuk membantu warga,” ujarnya.

Mantan Bupati di Jayawijaya ini mengatakan jika dibangun di Jayawijaya, lumbung sosial akan sangat membantu.

“Sepanjang tahun pasti akan ada bencana alam, dan ini bukan hanya banjir, karena ada kebakaran, tanah longsor, sehingga perlu kita antisipasi,” kata Nicholas Itlay.

Sebelumnya, Kepala Dinas Jaminan Sosial, Pencatatan Kependudukan dan Kedudukan Sipil Papua, Ribka Haluk, menyambut baik rencana Kementerian Sosial membangun lumbung sosial di 10 kabupaten di Papua.

Ia mengusulkan pembangunan lumbung sosial di sejumlah daerah rawan konflik sosial, seperti di Kecamatan Intan Jaya, Nduga, Lanni Jaya, Panyai, Punchak Jaya, dan Jayawijaya.

“Kami berharap bisa diterapkan untuk membantu daerah-daerah yang sering dilanda bencana alam,” kata Rebecca Haluk.

Artikel sebelumya"Pergi ke kampus"UNB-PMI Bogor bekerjasama dengan program donor darah
Artikel berikutnyaJalan Sehat Jateng Sambut Kongres Muhammadiyah-Aisiya