Beranda Nusantara Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggandeng SMK binaan Astra untuk memperbaiki...

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggandeng SMK binaan Astra untuk memperbaiki lingkungan.

Penanaman 10 juta pohon harus menjadi upaya masyarakat.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan PT Astra International untuk memperbaiki lingkungan dengan menanam 10 juta pohon.

Didik Suhardi, Deputi Direktur Pembinaan Pentas Budaya dan Olahraga Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan gerakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan.

“Penanaman 10 juta pohon harus menjadi gerakan masyarakat. Kami sebagai kementerian koordinator yang membidangi pembangunan manusia dan membidangi gerakan revolusi mental nasional, tidak bisa bekerja sendiri,” kata Didik.

Pada kesempatan ini, SMK Muhammadiyah 1 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang mencanangkan Gerakan Penanaman 10 Juta Pohon untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memperbaiki lingkungan.

Didik menambahkan, untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memperbaiki lingkungan, ia berharap semua pihak bisa bersama-sama menanam pohon di Indonesia.

“Gerakan penanaman 10 juta pohon ini diharapkan tidak hanya meningkatkan gotong royong untuk kepentingan lingkungan, tetapi juga menjamin kemandirian pangan,” ujarnya.

SMK yang didukung oleh PT Astra International ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak gerakan penanaman pohon di Indonesia, ujarnya. Sebagai informasi, ada 3.336 SMK yang beroperasi di seluruh Indonesia binaan Astra.

“SMK sebagai salah satu pilar sistem pendidikan berharap dapat memberikan kontribusi yang besar. Kami juga berharap Astra dapat membantu kami menjadi mandiri pangan dan buah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala CSR Astra Bima Creeda Pamungkas menambahkan, pihaknya sedang berupaya meningkatkan kapasitas SMK Muhammadiyah 1 pimpinan Astra, khususnya terkait isu lingkungan.

“Program kami bisa bermanfaat, tepat sasaran dan berkelanjutan. Kami menaruh perhatian penuh pada pengembangan sekolah lingkungan,” ujarnya.

Sejak tahun 2008, Astra telah berusaha untuk berpartisipasi dalam upaya memperbaiki keadaan lingkungan. Program Astra untuk Indonesia Hijau, bersama sejumlah mitra, telah menetapkan dua kawasan lindung.

“Sementara pada tahun 2022, kami menanam pohon di lahan seluas 550 hektar dengan bantuan masyarakat pedesaan,” katanya.

Artikel sebelumyaPKC Tangkap Mantan Walikota Cimahi Lagi
Artikel berikutnyaBMKG temukan 76 titik api di Kaltim