Beranda Warganet Kementerian Agama RI meminta Satgas Sertifikasi Halal DIY untuk mempercepat pelayanan.

Kementerian Agama RI meminta Satgas Sertifikasi Halal DIY untuk mempercepat pelayanan.

Komisi VIII DNR RI memberikan dukungan

Yogyakarta (ANTARA) – Kementerian Agama RI meminta Satgas Sertifikasi Halal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mempercepat proses penjaminan halal produk dari berbagai pelaku usaha di daerah ini.

“Yogyakarta merupakan pusat kuliner, sehingga perlu percepatan penyediaan kehalalan untuk berbagai produk,” kata Nizar Ali, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, saat Pertemuan Antar Industri tentang Pengembangan Halal. Produk. Jaminan Kerjasama di Yogyakarta, Selasa malam.

Satgas Halal DIY kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama harus mengefektifkan pelayanan sertifikasi halal, menggalakkan pendanaan sertifikasi halal bagi usaha mikro dan kecil (UMK), termasuk mendorong terbentuknya ekosistem halal, katanya….

“Komisi VIII DNR RI memberikan dukungan untuk memastikan pengenalan sertifikasi halal di daerah akan optimal,” katanya.

Pemberlakuan UU 11 Tahun 2020 tentang penciptaan lapangan kerja, menurut Nizar, turut memberikan banyak kemudahan bagi MMP dalam melakukan sertifikasi halal, apalagi kini ada Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati).

Nizar mengatakan kesadaran kepedulian terhadap sertifikasi halal perlu didukung lagi oleh para pelaku usaha khususnya UKM, karena sangat bermanfaat untuk memberikan kepercayaan halal atas berbagai produknya.

“Misalnya punya grobag (barang), tidak ada cap halal di grobagnya, tentu semuanya akan berbeda jika ada jaminan halal untuk barang yang dilayani,” ujarnya.

Menurut Nizar, Satgas Pelayanan Sertifikasi Halal berperan sangat penting dalam membantu sertifikasi Halal di daerah, mengingat jumlah badan usaha sangat besar karena memberikan dukungan ekonomi di dalam negeri.

Apalagi hampir semua pelaku usaha adalah UKM yang masih membutuhkan layanan dan bimbingan langsung dalam proses sertifikasi Halalnya, ujarnya.

Artikel sebelumyaF-PKS: semua pihak harus bersinergi menjaga kesehatan masyarakat
Artikel berikutnyaAlex Nurdin membantah bahwa BPCAD telah menginvestasikan 100 miliar rupee dalam anggaran