Beranda Warganet Kemensos memastikan masyarakat bisa ikut mengawasi penyaluran bansos.

Kemensos memastikan masyarakat bisa ikut mengawasi penyaluran bansos.

partisipasi aktif dalam pengawasan diharapkan

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Sosial memastikan masyarakat bisa ikut mengawasi penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah agar prosesnya semakin transparan.

Khasym, Kepala Bagian Humas Kementerian Sosial, mengatakan jika masyarakat menemukan tanda-tanda pelecehan, mereka dapat melaporkannya ke penegak hukum.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Alokasi dana untuk program bantuan sosial reguler Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dialokasikan ke rekening keluarga penerima manfaat (KPM) melalui Himbara, Bantuan Sosial Tunai Distribusi (BST) melalui PT Pos,” kata Hasim kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Khasym menjelaskan, pemerintah menyalurkan bantuan sosial melalui mekanisme yang sama. Untuk menghindari penyalahgunaan bantuan sosial, pemerintah telah melakukan beberapa upaya.

Pertama, tingkatkan opacity. Data penerima bansos bisa dicek di website Cekbansos.kemensos.go.id. Kedua, memperkuat pemantauan dan pengawasan lokal.

Ketiga, pelibatan aparat di tingkat RT/RW, desa/kelurakhan untuk pengawasan. Keempat, penguatan pendamping sosial di masyarakat agar dapat bekerja secara mandiri dan profesional.

“Bahkan, masyarakat diharapkan terlibat aktif dalam pengawasan,” kata Khasym.

Dia kemudian mengatakan bahwa Kementerian Sosial bekerja sama dengan Polri, Kejaksaan Agung dan PKC untuk mengawal program bantuan sosial.

“Silakan laporkan ke penegak hukum jika menemukan kasus penyalahgunaan bantuan sosial. Masyarakat juga bisa melapor ke http://wbs.kemensos.go.id,” kata Hasim.

Sementara itu, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jody Mahardi mengatakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokovi) secara jelas menyatakan bahwa bantuan sosial harus disalurkan secara cepat dan tepat.

“Tolong izinkan masyarakat untuk ikut mengawasi penyaluran bansos. Melaporkan kepada pihak berwajib jika ada bukti penyelewengan dana bantuan sosial. Pemerintah ingin memastikan masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan sosial secara cepat dan sesuai dengan haknya, kata Jody.

Artikel sebelumyaGempa berkekuatan 5,2 SR mengguncang Pasitan, Jawa Timur.
Artikel berikutnyaMenko PMK minta bantuan sosial dari petani lokal hasil panen