Beranda Hukum Kemenkumham NTT mengajak masyarakat untuk mendaftarkan mereknya

Kemenkumham NTT mengajak masyarakat untuk mendaftarkan mereknya

Merek dagang perlu didaftarkan karena dapat menjadi bukti bagi pemilik yang sah.

Kupang (ANTARA) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggar Timur (NTT) mengajak masyarakat NTT untuk mendaftarkan mereknya sebagai bukti bagi pemilik yang berhak menggunakan merek tersebut.

“Merek perlu didaftarkan karena dapat menjadi bukti bagi pemilik yang berhak atas merek terdaftar,” kata Kepala Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia Arfan Faiz Mukhlizi di Kupang, Minggu, saat menjadi konsultan Rakor Penilaian 2021. kegiatan tahun 2022 Kerangka acuan Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT.

Ia menjelaskan, pendaftaran hak kekayaan intelektual, khususnya merek, merupakan hal penting dalam dunia bisnis. Hal ini dikarenakan merek bukan sekedar tanda pengenal yang membedakan produk yang diproduksi oleh suatu badan usaha dengan badan usaha lainnya.

Namun sebuah merek juga dapat berfungsi sebagai alat promosi, jaminan kualitas barang, serta indikasi asal barang/jasa yang dihasilkan. Begitu pula dengan produk pertanian dan pangan yang memiliki potensi besar di wilayah NTT.

Arfan menambahkan, pendaftaran merek juga dapat menjadi dasar penolakan merek yang sama secara keseluruhan atau sama substansinya, yang dimintakan pendaftarannya oleh orang lain untuk barang/jasa sejenis.

Pemilik merek dagang dapat mencegah orang lain menggunakan merek yang sama dengan miliknya, atau mengizinkan orang lain menggunakan merek tersebut di bawah lisensi.

“Ada dua jenis merek, yaitu merek dagang yang digunakan pada produk yang dijual dan merek jasa yang digunakan pada jasa yang dijual,” ujarnya.

Artikel sebelumyaBantuan program Dinas Perikanan Mukomuko bagi nelayan KUB berbadan hukum
Artikel berikutnyaJin: BTS memecahkan rekor dalam drama OST "mengiris"