Beranda Warganet Kemenko PMK terus memantau proses penanganan korban tragedi Kanjurukhan

Kemenko PMK terus memantau proses penanganan korban tragedi Kanjurukhan

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus memantau proses pendampingan para korban tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10).

“Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bertujuan memprioritaskan pasien yang masih dirawat di unit perawatan intensif dan pemulihan di rumah sakit,” kata Deputi Koordinator Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia. dan Kebudayaan Agus Suprapto di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, pemerintah juga memastikan biaya pengobatan bagi seluruh korban tragedi Kanjurukhan ditanggung oleh pemerintah.

“Beban biaya pengobatan dan pengobatan gratis dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada para korban tragedi Kanjurukhan yang masih dirawat atau sedang dalam proses pemulihan, agar tidak mengabaikan keluhan rasa sakit.

“Jangan abaikan keluhan nyeri, jika ada masyarakat yang juga berada di lokasi kejadian saat tragedi di Kanjurukhan dan memiliki keluhan nyeri, sebaiknya segera laporkan. Nanti, seluruh proses pengobatan ditanggung pemerintah untuk biayanya,” ujarnya.

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan akan terus memastikan bahwa semua korban tragedi Kanjurukhan mendapatkan perawatan penuh secara gratis.

Muhajir Effendi, Menteri Koordinator PMC, menegaskan pemerintah akan menanggung biaya perawatan seluruh korban tragedi di Kanjurukhan.

“Semua pengobatan 100 persen gratis, tidak dipungut biaya apapun,” ujarnya.

Ia mengaku menerima laporan korban tragedi di Kanjurukhan yang sudah menjalani perawatan medis.

“Tadi saya diberitahu bahwa ada pasien yang sudah ditagih oleh rumah sakit. Saya minta bukti pembayaran untuk dikirim ke rumah sakit untuk pembatalan dan pengembalian dana,” katanya.

Artikel sebelumyaPembukaan MTQ Nasional ke-29 Kalsel berlangsung meriah
Artikel berikutnyaTotal korban tragedi Kanzhurukhan sebanyak 754 orang.