Beranda Warganet Kemendikbudristek izinkan Okmina University Papua beroperasi

Kemendikbudristek izinkan Okmina University Papua beroperasi

Sorong (ANTARA) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meresmikan pembukaan Universitas Okmin Papua melalui Permendikbud Nomor 344/E/O/2021.

Plt. Dirjen Dikti, Ristek, Nizam, dalam siaran pers yang diterima Antara dari Biro Kerjasama dan Humas Sekjen Kemendikbud menjelaskan, izin pendirian Okmin University Papua di Kab. Pegunungan Bintang, Provinsi Papua telah dikeluarkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 76 tahun.

“Sekarang universitas yang digagas Yayasan Pendidikan Okmina Papua ini bekerja untuk memajukan sumber daya manusia Papua,” ujarnya.

Menurutnya, kehadiran perguruan tinggi tidak hanya mengembangkan sumber daya manusia, tetapi juga berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi, jaminan sosial dan kemajuan masyarakat Papua, khususnya Kabupaten Pegunungan Bintang dan sekitarnya.

“Saya berharap teman-teman Okmin University tidak hanya mengembangkan sumber daya manusia, tetapi juga sumber daya ekonomi masyarakat. Kampus juga harus menjadi sumber pembangunan di daerah,” kata Nizam.

Ia mengingatkan para dosen di Okma University tentang perlunya membantu masyarakat, melakukan penelitian dan fokus pada pengembangan kapasitas di daerah.

Ia juga mengajak para dosen untuk memaknai pendirian universitas ini sebagai langkah sejarah penting bagi masyarakat di pegunungan Bintang dan menjadi lembaran baru kemajuan Papua di masa depan.

“Gotong royong antar pemangku kebijakan pendidikan seperti perguruan tinggi yang ada, pemerintah daerah, masyarakat dan industri sangat penting agar mereka bisa maju bersama dalam pembangunan tanah Papua,” ujar CEO Nizam.

Bupati Gunung Bintang Spei Yan Bidana dalam keterangan terpisah mengatakan, mimpi dan harapan Papua akan menjadi kenyataan dengan masuknya pendidikan tinggi di Papua.

“Tidak ada yang lain selain pendidikan. Pendidikan adalah jendela dunia, seperti orang membuka pintu melalui jendela untuk belajar tentang diri mereka sendiri, jadi pendidikan adalah jalan terpendek di Papua dan Indonesia untuk mencerdaskan semua bangsa, ”katanya.

Bupati Spei mengatakan, kehadiran Okmin Papua University merupakan anugerah dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk Papua dan bisa menjadi tonggak penting dalam perkembangan pendidikan di daerah.

Ia berharap mahasiswa Okmin Papua University kelak menjadi pemimpin bangsa untuk kemajuan bangsa.*

Artikel sebelumyaTiga rumah kontrakan terbakar di Pulogadung
Artikel berikutnyaKorem 083 mempercepat transisi penduduk isoman ke isoterm