Beranda Hukum Kapolri Pastikan Kesiapsiagaan Keamanan PON XX Papua.

Kapolri Pastikan Kesiapsiagaan Keamanan PON XX Papua.

…. agar pengamanan PON XX Papua berjalan dengan baik,

Jakarta (ANTARA) – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Capolri), Jenderal Paul Listio Sigit Prabowo memberikan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua ke-20 Oktober 2021 dengan melibatkan aparat keamanan yang menempati posisinya.

Dalam jumpa pers dengan kunjungan ke Kapolri guna mengecek kesiapan pembukaan PON XX Papua yang disiarkan oleh Dishub, Selasa, Sigit memberikan persiapan pengamanan arena yang akan dibuka dan dekat dengan partisipasi Presiden Joko Widodo, sudah berlangsung.

“Tentunya berdasarkan kesiapan kita, kita bisa melihat bahwa seluruh rangkaian dan aparat keamanan berada di dalam dan semua orang mengambil posisi,” kata Sigit.

Sigit berharap dengan kedatangan seluruh personel keamanan dari awal hingga keempat, pelaksanaan pengaturan keamanan PON XX Papua dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Selain kesiapsiagaan keamanan, Sigit juga memberikan upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di Papua, mengingat pemerintah telah mengizinkan penonton untuk mengikuti event olahraga empat tahunan tersebut.

Namun, Sigit mengingatkan, meski penonton diperbolehkan, tetap ada persyaratan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan PON XX Papua di empat kabupaten/kota di provinsi paling timur Indonesia itu.

Menurut dia, syaratnya jumlah penonton hanya 25 persen dari total kapasitas arena atau stadion, dan vaksin wajib.

“Himbauan kami terkait dengan acara yang diadakan agar penonton bisa hadir 25% dari kapasitas fasilitas, karena penonton yang hadir sudah dua kali divaksinasi,” ujarnya.

Untuk memudahkan masyarakat melakukan vaksinasi terhadap COVID-19, TNI-Polri telah menyiapkan tempat vaksinasi di empat area Arena PON XX di Papua, kata Sigit.

“Bersama Panglima (TNI), kami telah membuka titik penjualan vaksin di empat tempat dan kami berharap hal ini dapat direspon agar masyarakat, selain proses vaksinasi berjalan dengan baik, berkesempatan untuk mengamati, karena ini merupakan menuntut agar memang bisa dilaksanakan dengan baik,” ulangnya.

Kapolri mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan titik penjualan vaksin TNI-Polri dan Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Papua.

“Selain vaksinasi ini, kami juga terus mengeluarkan perintah kepada satgas lain untuk menjaga keselamatannya, agar PON XX Papua tetap aman,” kata Sigit.

PON Papua XX akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 di kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimicry, dan Kabupaten Merauke.

Pada PON XX dipertandingkan 37 cabang olahraga, dan diikuti hampir 10.000 atlet dan pegawai/pejabat dari 34 provinsi.

Pembukaan PON XX yang akan berlangsung pada 2 Oktober mendatang di Stadion Lucas Enembe rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Sedikitnya 9371 anggota TNI dan Polri mengawal PON XX di Papua.

Artikel sebelumyaKementerian Pertahanan Sebut Perang Dunia Maya Lebih Sulit
Artikel berikutnyaBakamla meningkatkan kualitas Tim Tanggap Khusus