Beranda Warganet Jumlah SLB negeri di Jawa Barat semakin bertambah

Jumlah SLB negeri di Jawa Barat semakin bertambah

Bandung (ANTARA) –

Jumlah SLB negeri di Provinsi Jawa Barat meningkat 13 menjadi 51 dalam dua tahun terakhir melalui pembangunan sekolah baru dan konversi SLB swasta menjadi SLB.

“Pada tahun 2020, jumlah SLB negeri di Jawa Barat sebanyak 38 sekolah dan SLB swasta sebanyak 190 sekolah. Tapi dalam dua tahun terakhir, jumlah SLB negeri bertambah menjadi 51, atau 13 sekolah,” kata Dedi Supandi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung, Kamis.

Di sela-sela Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) SLB Jabar, Dedi mengatakan penambahan sekolah luar biasa itu karena adanya pembangunan sekolah baru dan penyerahan pengelolaan sekolah luar biasa swasta kepada pemerintah.

“Mirip dengan yang terjadi di SLB Chikhaurbeuti, yang sebelumnya merupakan SLB swasta, kini menjadi SLB publik,” kata Dedi seraya menambahkan, “Ada keterlibatan masyarakat di sana yang telah menyumbangkan lahan seluas satu hektar untuk perluasan pembangunan.”

Dia mengatakan jumlah siswa asing di sekolah luar biasa juga meningkat menjadi sekitar 26.000 dari 19.096 pada tahun 2020.

“Penambahan ini bukan berarti jumlah anak (yang mengalami) disabilitas bertambah, tetapi lebih kepada peningkatan kesadaran orang tua akan perlunya menyekolahkan anak (yang mengalami) disabilitas ke sekolah luar biasa,” ujarnya.

Acara LKSN SLB Jabar yang berlangsung di Soreang Kabupaten Bandung dibuka oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ibu angkat Difabel Jabar Ataliya Praratya Kamil dan Ketua Komnas Difabel Dante Rigmalia hadir dalam pembukaan LKSN SLB Jabar.

Artikel sebelumyaGibran siapkan sejumlah sekolah untuk peserta Muktamar Muhammadiyah
Artikel berikutnyaAHY: Demokrat jangan terjebak politik identitas