Beranda Warganet Insiden COVID-19 di Pekanbaru menurun tajam

Insiden COVID-19 di Pekanbaru menurun tajam

Pekanbaru (ANTARA) – Kasus COVID-19 di Kota Pekanbaru, Riau, turun drastis selama sebulan terakhir, namun masyarakat diminta tetap waspada dengan mengikuti protokol kesehatan.

“Waspada dan jangan lengah,” kata Asisten I Setda Kota Pekanbaru Sioffaysal di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru yang dirilis pada Jumat, jumlah kasus turun 53 kasus dalam 30 hari terakhir.

Sementara itu, hanya 37 kasus aktif yang saat ini terdaftar dan dirawat.

Sioffisal mengatakan, banyak pasien yang terpapar COVID-19 saat ini masih menjalani isolasi mandiri di sejumlah ruang isolasi. Namun, hanya enam orang yang mendapat perawatan medis di rumah sakit.

“Kondisi kita saat ini kasus COVID-19 miring, bulan ini terjadi penurunan kasus yang tajam,” katanya.

Namun, dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan penyebaran COVID-19, meski saat ini kondisi penyebaran kasus COVID-19 di Kota Pekanbaru saat ini dalam tren menurun.

Seruan ini sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat yang tidak mau memakai masker. Mereka juga tidak lagi menjaga jarak di keramaian.

Xuoffazial juga mengingatkan bahwa Kota Pekanbaru masih menerapkan PPKM level 1. Pelaksanaannya akan berlangsung mulai 4 Oktober 2022 hingga 7 November 2024.

Pelaksanaan PPKM Tingkat 1 kali ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2022. Perintah ini menyangkut pelaksanaan PPKM Level 1 dan optimalisasi posko COVID-19 dalam rangka pengendalian penyebaran COVID-19 di Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Ia juga mengimbau masyarakat yang belum mendapatkan vaksin COVID-19 untuk segera menghubungi fasilitas medis untuk meningkatkan kekebalan*.

Artikel sebelumyaMoeldoko: Bantuan sosial besar-besaran diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat
Artikel berikutnyaOtoritas Kesehatan mencatat 23 kasus misterius gagal ginjal akut di Jawa Timur.