Beranda Warganet Inovasi Pelayanan Kependudukan Kaltara Nominasi Indonesia Prize

Inovasi Pelayanan Kependudukan Kaltara Nominasi Indonesia Prize

memudahkan masyarakat pedalaman dan perbatasan untuk menerima layanan pengelolaan masyarakat

Kecoa (ANTARA) – Inovasi Pengelolaan Kependudukan di Daerah Pedalaman dan Perbatasan atau Sipelanduk Kilat Smart yang digagas Dinas Dukkapil Provinsi Kalimantan Utara kembali masuk nominasi Indonesia 2021 Prize.

“Kami masuk dalam Indonesia Awards yang bisa meningkatkan visibilitas Kalimantan Utara. Untuk itu, kami tunjukkan kepada masyarakat luas,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemprov Kaltara Sanusi di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu.

Ia bersaksi bahwa pihaknya dalam pelayanan manajemen kependudukan bekerja sebaik mungkin, memenuhi tanggung jawabnya kepada masyarakat.

“Kami menekankan konsep digitalisasi (layanan) yang bisa kami unduh melalui play store Sipelanduk. on lineuntuk membantu anggota masyarakat mendapatkan pelayanan pengelolaan masyarakat dan pencatatan sipil di kabupaten/kota,” kata Sanusi.

Kali ini, nominasi tersebut diterima di Indonesia Awards 2021 oleh sebuah stasiun radio swasta nasional sebagai penghargaan bagi para aktor institusional atas dedikasi, prestasi, dan konsistensinya dalam membangun negeri.

Sanusi menjelaskan bahwa Sipelanduk Kilat Cerdas merupakan bentuk inovasi gratis yang memudahkan masyarakat terpencil dan perbatasan untuk mendapatkan layanan pengelolaan masyarakat dan menjalankan pemerintahan yang baik tanpa pungutan liar.

Ditambahkannya, Sipelanduk Kilat Cerdas merupakan wujud keseriusan Pemprov Kaltara terhadap pelaksanaan program nasional yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk memberantas segala bentuk pungli dalam pelayanan publik.

“Di mana kami bekerja di bidang pengelolaan kependudukan, kami tidak lagi diperbolehkan menanggung biaya yang masuk ke sana, apalagi dilakukan oleh unsur-unsur tertentu,” ujarnya.

Dengan adanya aplikasi ini, menurut Sanusi, cukup sederhana, karena warga bisa langsung berhadapan dengan Disdukcapil, cukup di rumah saja mereka bisa mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, dan jika sudah selesai akan diinformasikan pengguna.

Setelah selesai, semua dokumen bisa langsung dibawa ke kantor Dukcapil terdekat. Inovasi SMART QUICK SIPELANDUK sendiri berlaku mulai 4 bulan tahun 2021.

Sanusi mengharapkan dukungan warga Kaltar agar Inovasi Cerdas Sipelanduk Kilat dapat dilaksanakan secara optimal, dan ini juga merupakan bagian dari komitmen Gubernur Zainal Arifin Paliwang dan Wakil Gubernur Jansen T.P.

Artikel sebelumyaBKKBN dan BIN sedang melaksanakan program pengurangan "keterbelakangan pertumbuhan" di kepulauan Riau
Artikel berikutnyaMukomuko menawarkan bantuan kepada nelayan dengan alat pancing