Beranda Warganet Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade Informatika Internasional

Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade Informatika Internasional

Jakarta (ANTARA) – Indonesia menerima bendera International Informatics Olympiad (IOI) 2022 dari tuan rumah sebelumnya Singapura pada Sabtu (26 Juni).

Indonesia tidak hanya menjadi tempat berkumpulnya siswa SMA dari seluruh dunia untuk mengikuti IOI Computer Science Competition, tetapi juga mengajak anak muda dari seluruh dunia untuk melihat keindahan Indonesia, kata KBRI Singapura. dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Penyerahan bendera IOI ke-34 tersebut dilakukan oleh Menteri Negara Kementerian Pendidikan dan Kementerian Tenaga Kerja Singapura Gan Siou Huang kepada Dubes RI di Singapura Suryo Pratomo di Hotel Orchard.

“Saya ucapkan selamat kepada Singapura yang telah menjadi tempat IOI yang baik di tengah pandemi COVID-19. Hal ini semakin menunjukkan kemampuan Singapura untuk menyeimbangkan komitmen pengendalian COVID-19 dan mendukung pendidikan bagi generasi muda, mempersiapkan masa depan mereka,” ujarnya. Duta Besar Suryo.

Belajar dari pengalaman Singapura, Surio mengatakan Indonesia sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan IOI tahun depan. Setidaknya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah membentuk panitia pelaksana dan menunjuk Yogyakarta sebagai kota tuan rumah.

“Tentu kita berharap kondisi COVID-19 tahun depan lebih baik. Jika kompetisi dilakukan secara tatap muka, maka Indonesia tidak hanya ingin mengundang siswa SMA dari seluruh dunia untuk saling bersaing dalam keterampilan dan keterampilan. intelijen, tetapi kami ingin mewakili kekayaan budaya dan keindahan Indonesia, ”kata Suryo.

Dubes RI menyampaikan bahwa kompetisi IOI bukan hanya soal menang kalah, partisipasi lebih penting.

“Di IOI, membangun pertemanan dan networking lebih penting lagi,” ujarnya.

Dubes Suryo menambahkan, untuk Indonesia, IOI diharapkan dapat membantu merumuskan Roadmap Digital Indonesia 2021-2045.

Selain itu, IOI diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa Indonesia untuk menguasai pemikiran komputasi sehingga pada akhirnya dapat menciptakan pemimpin transformasi digital Indonesia masa depan yang tetap mengandalkan sejarah negara.

Ainun Naim, Pj Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mengimbau seluruh masyarakat untuk berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir agar pelaksanaan IOI pada 2022 dapat dilakukan secara offline.

“Dengan cara ini, seluruh peserta dari seluruh dunia akan dapat menikmati keindahan Indonesia, khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Ainun.

“IOI sudah tidak asing lagi bagi Indonesia karena Indonesia telah mengikuti kompetisi ini sejak tahun 1995 dan telah membantu mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi pada anak-anak Indonesia sehingga dapat mengikuti kompetisi internasional,” lanjutnya.

Artikel sebelumyaDi tenggara, Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas
Artikel berikutnyapemerintah kota "angkat bola" Vaksin COVID-19 untuk pengunjung kafe