Beranda Warganet Ilmuwan: Kaum muda perlu membangun jaringan untuk membuka peluang bisnis.

Ilmuwan: Kaum muda perlu membangun jaringan untuk membuka peluang bisnis.

Jakarta (ANTARA) – Guru Besar Sosiologi Universitas Indonesia Harry Hikmat menyoroti pentingnya berjejaring sejak dini, terutama bagi anak muda, karena berpotensi membuka peluang bisnis, terutama di masa pandemi.

“Penting bagi kita semua untuk membangun relasi di tempat kerja dan bisnis sejak awal,” kata Harry yang juga CEO Divisi Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, dalam Webinar Tanggap Darurat. Cara berteman: “Membangun Relasi di Dunia Kerja dan Bisnis”, yang mempertemukan 129 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan pekerja sektor publik dan swasta di Jakarta, Rabu.

Menurut Harry, hal ini senada dengan apa yang disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini yang menekankan pentingnya berjejaring untuk pengembangan skala usaha dan kemandirian ekonomi, terutama di era digital, ketika semuanya saling terhubung dan menawarkan bisnis yang hebat. peluang. kemampuan.

Harry mengatakan para pemimpin bisnis dapat menangkap peluang dengan membangun hubungan dari media sosial untuk mengasah keterampilan intrapersonal dan interpersonal.

Harry yakin generasi muda memiliki peran strategis karena sekitar seperempat penduduk Indonesia masih muda. Menurut Sensus Penduduk 2020, Indonesia didominasi oleh 25,87 persen Generasi Milenial (lahir 1981-1994) dan 27,94 persen Gen Z (lahir 1997-2012).

Harry mengatakan di masa pandemi COVID-19, media sosial efektif sebagai sarana membangun relasi, baik dalam tugas kelas maupun dalam pekerjaan yang mendukung. Persahabatan bisa menjadi awal dari sebuah hubungan, tapi juga bisa berdampak negatif.

Harry menambahkan bahwa keterampilan intrapersonal dan interpersonal juga penting untuk membangun hubungan. Kemampuan intrapersonal, yaitu kemampuan seseorang untuk mengatur dirinya sendiri untuk pengembangan profesional yang optimal.

“Keterampilan interpersonal, sedangkan keterampilan seseorang dalam membangun hubungan dengan orang lain untuk pengembangan profesional yang optimal,” katanya.

Artikel sebelumyaKemarin, penyidikan tindak pidana narkoba ke MIT di Poso
Artikel berikutnyaMenteri Sumber Daya Manusia: Tanah Hibah dari Sulawesi Tenggara untuk Pembangunan Balai Latihan Kerja Internasional