Beranda Warganet IDAI: Menyusui adalah imunisasi bayi yang pertama

IDAI: Menyusui adalah imunisasi bayi yang pertama

Jakarta (ANTARA) adalah Ketua Kelompok Kerja Menyusui Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Dr. Naomi Esthernita F. Dewanto mengingatkan pentingnya Air Susu Ibu (ASI) bagi bayi dan menyebut menyusui sebagai imunisasi bayi pertama.

“Menyusui merupakan imunisasi pertama bagi bayi agar terhindar dari penyakit dan mencegah kematian,” ujarnya dalam workshop virtual menandai perayaan tersebut. Pekan ASI Sedunia disusul dari Jakarta, Sabtu.

Selain nutrisi penting yang dibutuhkan bayi, ASI mengandung imunoglobulin (antibodi) yang memperkuat sistem kekebalan lokal saluran pencernaan, serta komponen lain yang memiliki efek perlindungan, seperti laktoferin, yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, dan lisozim, yang dapat menghancurkan sel bakteri. dinding ditemukan di selaput lendir saluran pencernaan.

Adanya zat bioaktif dalam ASI mendukung daya tahan tubuh anak yang pada saat lahir masih memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

“Imunoglobulin, yang diekskresikan dalam ASI, mencapai anak. Jadi, imunoglobulin juga imunisasi, perlindungan tubuh anak,” kata Naomi.

Ketua Ilmu Penyakit Anak Universitas Tarumanegara itu menyoroti penurunan angka pemberian ASI eksklusif selama enam bulan.

Ia mencontohkan data dari Baseline Health Survey menunjukkan penurunan pemberian ASI eksklusif dari 61,33% pada 2017 menjadi 37,3% pada 2018.

“Menurut data terbaru UNICEF, pada tahun 2021 hanya satu dari dua anak yang akan diberikan ASI eksklusif hingga enam bulan, sekitar 50 persen,” katanya.

Ia mencontohkan kampanye menjual susu pengganti ASI, kurangnya dukungan keluarga dan masyarakat, serta terbatasnya kesempatan menyusui di tempat kerja dan di tempat umum menjadi faktor turunnya pemberian ASI eksklusif.

Artikel sebelumyaWakil Ketua DPRD Surabaya Raih Gelar Magister "Kehormatan" ke UNAIR
Artikel berikutnyaKapan "Anak Hutan Jambi" mulai membutuhkan pendidikan