Beranda News ICM menunggu posisi PKC tentang status hukum Azis Syamsuddin

ICM menunggu posisi PKC tentang status hukum Azis Syamsuddin

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat (MKD) Trimedia Panjayitan mengatakan, MKD menunggu sikap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait status hukum Wakil Ketua DPR RI. dari Perwakilan. , Azis Shyamsuddin, ditahan oleh lembaga antikorupsi.

“Kita tunggu saja (pernyataan PKC) karena biasanya 1×24 jam, kalau Pak Azis jadi tersangka, ICM akan bertemu dan menyatakan posisinya,” kata Trimedia Panjayitan di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, MKD telah memantau kasus Azis selama sekitar 3-4 bulan, dan pihaknya telah menerima pengaduan dari masyarakat yang statusnya telah diverifikasi oleh ahli MKD dari DPR.

Menurutnya, ICM hanya perlu mengajukan tantangan kepada terdakwa, yakni Azis Shyamsuddin, namun pihaknya tidak ingin berbeda dengan persidangan yang sedang dijalaninya.

“Kami sangat berhati-hati dalam hal ini. Namun proses ICM dilakukan sesuai dengan hukum acara, memanggil terdakwa dan lain-lain, meskipun proses PKC akan bisa dipercepat (proses ICM),” katanya.

Namun, dia menegaskan, terkait pergantian wakil ketua DPR yang saat ini dijabat Azis Shyamsuddin, itu kewenangan Fraksi Partai Golkar di DPR RI, bukan kewenangan ICM.

Sebelumnya, PKC menahan Wakil Ketua DPR RI Azis Shyamsuddin pada Jumat malam. Azis tiba di markas BPK di Jakarta pada Jumat pukul 20.00 waktu Moskow dengan baju batik warna coklat berlengan panjang.

Artikel sebelumyaRelevansi penggunaan restorative justice bagi pecandu narkoba
Artikel berikutnyaPKC menangkap Azis Syamsuddin