Beranda Warganet Humaniora Kemarin BPOM menyetujui Moderna untuk memberikan vaksin ivermectin.

Humaniora Kemarin BPOM menyetujui Moderna untuk memberikan vaksin ivermectin.

Jakarta (ANTARA). Berbagai berita Jumat kemanusiaan yang masih layak disimak pagi ini, mulai dari BPOM yang mengizinkan penggunaan darurat vaksin Moderna, hingga penggunaan ivermectin yang harus diberikan sesuai anjuran dokter.

Berikut ikhtisar berita seni liberal hari Jumat:

1. BPOM mengizinkan penggunaan darurat vaksin Moderna.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan Surat Izin Penggunaan Darurat (EU) untuk vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Moderna, Inc. di Indonesia.

Penerbitan EUA untuk vaksin Moderna didasarkan pada temuan studi sekelompok ahli dari Komite Nasional Pengkajian Vaksin COVID-19 dan Komite Penasihat Nasional Ahli Imunisasi (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization Group). (ITAGI).

2. Warga Sotek di Kaltim mengusulkan dibuatkan Cagar Ke.

Kepala desa akan bekerja sama dengan warga Desa Sotek di Penajam Paser Utara Regensi (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), untuk mengundang pihak terkait untuk menetapkan lahan warga sebagai Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati).

“Kami sudah berkonsultasi dengan warga pemilik lahan dan sepakat lahan tersebut akan dijadikan taman Kehati, agar lahan tersebut bermanfaat bagi penduduk dan sebagai objek penelitian,” ujar Kepala Desa Sotek M. Harianto di Penajam. Kalimantan Timur, Kamis.

3. Kementerian Kesehatan memperkuat pelacakan kasus penularan COVID-19.

Kementerian Kesehatan akan mengintensifkan pelacakan, penyaringan, dan penanganan kasus penularan COVID-19 di daerah yang berisiko tinggi penularan virus.

“Kami akan meningkatkan volume penelitian dan pelacakan kami tiga hingga empat kali lipat dari yang kami miliki sekarang, seperti di negara lain yang jumlah kasusnya tinggi,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadykin, seperti dikutip dari pers. rilis diterima di Jakarta, Jumat.

4. Gugus Tugas menerbitkan Pedoman Perjalanan Dalam Negeri PPKM untuk Pertolongan Darurat.

Gugus Tugas Penanganan (Satgas) COVID-19 telah mengeluarkan peraturan perjalanan dalam negeri untuk mendukung pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Darurat (PPKM), salah satunya penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

“Tujuan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat bagi pemudik dalam negeri selama masa pandemi ini adalah untuk memperluas penggunaan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru untuk menciptakan kehidupan yang produktif dan aman untuk COVID-19,” kata Kepala COVID-19. Gugus Tugas yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kesehatan, Ganip Varsito, pada konferensi pers tentang sosialisasi perjalanan selama PPKM darurat di Jakarta, Jumat.

5. BPOM mendorong peresepan ivermectin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan bahwa ivermectin yang merupakan obat ampuh, hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

“Untuk mendapatkan ivermectin harus menggunakan resep dari dokter, artinya ada yang mengawasi, yaitu dokter yang mendiagnosis dan menyuntikkan ivermectin,” kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Artikel sebelumyaAnggota DNRD Ambon positif, petugas lakukan pemeriksaan menyeluruh
Artikel berikutnyaWaspadai kemungkinan hujan lebat dan angin kencang di beberapa provinsi.