Beranda Nusantara Hujan lebat dan angin kencang diperkirakan terjadi di beberapa provinsi

Hujan lebat dan angin kencang diperkirakan terjadi di beberapa provinsi

JAKARTA (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kemungkinan hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di beberapa provinsi pada Kamis.

Sebagian wilayah Aceh, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara diprakirakan akan mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, menurut prakiraan BMKG. .

Sebagian provinsi Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan juga berpeluang mengalami curah hujan sedang hingga kuat, disertai kilat dan angin kencang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnavati sebelumnya menyatakan perlunya jejaring antara pemangku kepentingan dan pakar untuk meningkatkan sinergi dalam pendataan prakiraan cuaca ekstrem.

Peningkatan emisi gas rumah kaca telah menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. BMKG mencatat setidaknya ada 70 kejadian cuaca ekstrem dalam dua hingga tiga tahun terakhir akibat perubahan iklim.

“Oleh karena itu, kita harus lebih memperkuat, memperkuat jaringan, sistem dan kerjasama dengan berbagai pihak, terutama dengan para pakar, pakar atmosfer, pakar iklim di Indonesia,” kata Dwikorita.

Kerjasama dan sinergi pihak terkait juga diperlukan untuk mengembangkan dan melaksanakan langkah-langkah mitigasi perubahan iklim.

Artikel sebelumyaStudi fosil menemukan bukti burung pemakan buah purba
Artikel berikutnyaPertemuan Kelompok Kerja Kesehatan G20