Beranda Nusantara Hujan deras menyebabkan banjir di Serui, Yapen. pulau

Hujan deras menyebabkan banjir di Serui, Yapen. pulau

Jayapura (ANTARA) –

Hujan sangat deras dari pukul 05:30 hingga 10:00 Selasa menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kota Serui, ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen di Provinsi Papua, menurut Pusat Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG), Wilayah V Jayapura.

“Berdasarkan pantauan curah hujan di stasiun meteorologi Serui, data curah hujan terukur sebesar 179 mm dalam kurun waktu kurang lebih tiga jam, kondisi cuaca termasuk dalam kategori hujan lebat,” kata wakil koordinator Layanan BBMKG. Region V Jayapura Ezri Ronsumbre.

Ezri menjelaskan, secara klimatologis, Kabupaten Kepulauan Jepang merupakan zona atau wilayah non-musiman yang tidak memiliki perbedaan yang jelas antara musim hujan dan musim kemarau.

“Hujan cenderung merata sepanjang tahun, dengan puncak hujan biasanya terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan September,” katanya.

“Pada bulan September, frekuensi curah hujan di Kepulauan Yapeni akan meningkat karena ini merupakan salah satu puncak curah hujan tahunan,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada 13 September 2021, suhu permukaan laut di wilayah utara Papua cukup tinggi, dan terbentuk zona pompa angin di sekitar kawasan Teluk Chenderavasih.

Kondisi seperti itu, kata dia, berkontribusi terhadap terbentuknya awan hujan, khususnya awan konvektif, yang menyebabkan terjadinya hujan lebat dan sangat deras.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan keadaan lingkungan tempat tinggalnya, agar tetap waspada jika terjadi hujan lebat dengan durasi yang lebih lama, mengingat secara klimatologis September merupakan salah satu puncak hujan di Kabupaten Kepulauan Jepang tersebut. ,” dia berkata. …

Artikel sebelumyaKematian ibu menjadi tema utama Hari Keselamatan Pasien Sedunia
Artikel berikutnyaPemkot Palangka Raya Tetapkan Status Waspada Banjir