Beranda News Hasto mengatakan sistem pertahanan Indonesia perlu diperkuat

Hasto mengatakan sistem pertahanan Indonesia perlu diperkuat

Jakarta (ANTARA) –

Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristianto mengatakan, sistem pertahanan Indonesia harus diperkuat dan diandalkan agar tidak mudah dikalahkan negara lain.

“Kita ini negara besar, dan kekuatan TNI harus terus ditumbuhkan agar negara tetangga tidak mudah meremehkan kita,” kata Hasto di acara “HUT ke-77 TNI – Inilah kita, sejarah, pionir, dan acara rancang bangun masa depan TNI” yang berlangsung di kantor DPP PDI-P di pusat kota Jakarta, Minggu.

Dikatakannya, PDI-P berkomitmen untuk melestarikan ideologi negara Pancasila berdasarkan UUD 1945, kebhinekaan Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Hasto, pemikiran geopolitik presiden pertama Republik Indonesia Soekarno sangat relevan dengan pertahanan negara, sehingga gambaran sistem pertahanan harus benar-benar sesuai dengan kondisi geografis Indonesia.

“Karena kita adalah negara maritim, kita tidak berada di satu benua. Inilah yang selalu diingatkan oleh Ibu Mega (Megawati Sukarnoputri). negara kepulauan terbesar di dunia, negara maritim, posisi strategis di antara dua benua, dua samudera,” jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya menjauhkan TNI dari politik. Dia mencontohkan Megawati sebagai Presiden RI ke-5 tidak pernah membawa TNI ke politik.

“Menghadapi pemerintahan Orde Baru, Megawati mendapat tekanan kuat dari perangkat pemerintah. Kejaksaan, kepolisian, TNI sudah terbiasa menekan Megawati, tapi hebatnya Megawati tidak mengambil bentuk lain. yang justru meningkatkan pembusukan,” katanya.

Namun, lanjutnya, Megawati malah mengambil langkah untuk berdamai. Bahkan, ketika Presiden RI ke-2 Suharto dihujat, Megawati memintanya untuk berhenti menghujat Suharto.

“Jadi saat itu Bu Mega mengambil kebijakan konsiliasi. Banyak purnawirawan TNI yang ditugaskan di posisi strategis tersebut,” kata Hasto.

Artikel sebelumyaAurel dan Atta menjadi duta merek MamyPoko
Artikel berikutnyaUtut mengatakan anggaran pertahanan perlu terus ditingkatkan