Beranda Warganet Gubernur Sumut mengirimkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terkena dampak gempa.

Gubernur Sumut mengirimkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terkena dampak gempa.

Pengolahan yang dilakukan misalnya pembuatan dapur umum

Medan (ANTARA) – Gubernur Sumut Edi Rahmayadi telah mengirimkan bantuan logistik yang dibutuhkan masyarakat terdampak bencana beserta tim personel untuk rapid assessment dan pemetaan drone gempa 6,0 skala Richter yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada Sabtu di 02.28 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut, Haris Lubis, di Medan, Sabtu, mengatakan, pihaknya mengikuti instruksi dari Gubernur Sumut untuk merespon cepat kejadian pagi ini.

“Kami mengirimkan bantuan logistik dan tim personel untuk segera menilai lokasi yang terkena bencana. Rapid assessment ini harus segera dilakukan, assessment dan pendataan,” ujarnya.

Haris mengatakan bantuan logistik akan segera disalurkan kepada masyarakat agar dapat disalurkan kepada warga yang terkena bencana yang membutuhkan bantuan.

Logistik yang dikirim ke Taput berupa perbekalan darurat, tenda pengungsi, selimut, kasur pengungsi, dan makanan untuk kebutuhan keluarga.

Sementara itu, kajian cepat yang akan dilakukan staf BPBD Sumut meliputi data dampak kerusakan mulai dari rumah, fasilitas umum hingga fasilitas sosial.

“Ini nanti bisa dibenahi, seperti pemasangan dapur umum, tenda pengungsi dan kebutuhan pokok masyarakat lainnya,” jelas Haris.

Menurut laporan sementara BPBD Taput, gempa tersebut menyebabkan sejumlah rumah, kantor, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya rusak.

Selain itu, kerusakan dan runtuhnya jalan, pohon tumbang dan tanah longsor dilaporkan. Pasar Sarulla di Pahai Jah, Kabupaten Taput juga dilaporkan ikut terbakar pascagempa.

Dilaporkan juga seorang warga meninggal dunia akibat gempa dengan fokus di daratan 15 km barat laut Tapanuli Utara dan kedalaman 10 km.

Artikel sebelumyaDewan Pers: Media harus mengumpulkan dan memverifikasi data
Artikel berikutnyaLangkah Sanjungan Kejor Pelaporan KDRT adalah Edukasi Masyarakat