Beranda Nusantara Getaran gempa Pasitana terasa hingga ke Yogyakarta.

Getaran gempa Pasitana terasa hingga ke Yogyakarta.

Menggantung benda ringan berayun

Yogyakarta (ANTARA). Gempa berkekuatan 4,8 pada Rabu sore di barat daya Kabupaten Pasitan, Jawa Timur dirasakan di beberapa wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Stasiun Geofisika BMKG, Sleman Ihsan, dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu, menjelaskan, di wilayah DIY, globe terasa di wilayah Gunung Kidul, Bantul, dan Yogyakarta dengan intensitas II MMI.

“Getarannya dirasakan oleh beberapa orang. Benda ringan yang digantung itu berayun-ayun,” kata Ihsan.

Mengingat letak episentrum dan kedalaman hiposenter, ia mengatakan gempa tersebut merupakan gempa tipe perairan dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menukik di bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia. , selatan Jawa.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bisa dibenarkan.

Warga Yogyakarta Imam Praseto mengaku merasakan getaran gempa saat berada di Bantula. Menurutnya, meski tidak berlangsung lama, getaran gempa mampu mengguncang kursinya.

“Saya hanya terkejut ketika saya sedang duduk dan mengetik, melakukan pekerjaan saya, kursi tiba-tiba bergetar. Meskipun untuk beberapa waktu dan perlahan saya khawatir karena saya merasa sangat buruk, ”kata Imam.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa 4,8 pada pukul 12.00.47 WIB berada pada 8,87 LS dan 110,97 BT atau tepatnya di laut 78 km barat daya Pacitan, Jawa Timur di kedalaman 55km.

Artikel sebelumyaBNPB: Perubahan Iklim Menyebabkan Bencana Hidrometeorologi
Artikel berikutnyaPemerintah akan mempercepat restorasi mangrove