Beranda Warganet Gempa berkekuatan 3,5 SR mengguncang Dairie

Gempa berkekuatan 3,5 SR mengguncang Dairie

Jakarta (ANTARA) – Gempa berkekuatan 3,5 SR mengguncang Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara pada Senin malam, namun belum ada informasi pascagempa pada pukul 20:56 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa yang terletak di 2,77 LU, 98,35 BT, berada di daratan sekitar empat kilometer timur laut Kabupaten Dairie.

Di Sidikalang, guncangan terasa hingga skala tiga kilometer (MMI) III.

“Waspadalah terhadap kemungkinan getaran,” tulis situs web BMKG.

Gempa bumi sering terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di Cincin Api Pasifik.

Misalnya, pada pekan kedua Juli 2021, Pusat Gempa Daerah (PGR) I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat 45 gempa di Aceh dan Sumatera Utara.

Aceh merupakan wilayah seismik di Indonesia. Faktanya, pada tanggal 26 Desember 2004, gempa bumi berkekuatan 9,0 SR mengguncang provinsi tersebut.

Gempa bumi tahun 2004 yang melanda Samudera Hindia pada kedalaman sekitar 10 km dan terjadi sekitar 149 km sebelah barat Meulabo disertai dengan gelombang tsunami setinggi sekitar 20 meter.

Bencana dahsyat yang merenggut nyawa lebih dari 200 ribu orang ini menyisakan duka tidak hanya bagi warga Aceh, tetapi juga bagi banyak warga negara seperti Thailand, India, dan Sri Lanka.

Artikel sebelumyaKotamobagu telah mencapai hasil terbaik sehubungan dengan rekomendasi dari BPK di Sulawesi Utara.
Artikel berikutnyaRS Dr.Soetomo menambah 200 tempat tidur untuk pasien COVID-19