Beranda Warganet Empat Daerah di Zona Kuning Kepri COVID-19

Empat Daerah di Zona Kuning Kepri COVID-19

Tanjungpinang (ANTARA) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menetapkan empat wilayah di Provinsi Kepulauan Riau, yakni Batam, Bintan, Karimun, dan Anambas sebagai zona kuning setelah jumlah kasus aktif turun selama sebulan terakhir.

Juru bicara Satgas Riau Ttjep Yudiana di Tanjungpinang, Rabu mengatakan, Batam dan Bintan semula ditetapkan sebagai zona kuning, setelah Anambas dan Karimun hari ini.

“Beberapa hari lalu Batam dan Bintan berada di zona kuning, lalu Anambas dan Karimun. Saat ini hanya Tanjungpinang, Lingga, dan Natuna yang zona oranye,” ujarnya.

Ttzhep menjelaskan, per 31 Agustus 2021, jumlah kasus aktif COVID-19 di Anambas 27 orang, Karimun 141 orang, dan Batam 238 orang serta Bintan 74 orang.

Sedangkan di Tanjungpinang terdapat 271 kasus aktif COVID-19, tertinggi di Kepulauan Riau. Ada 29 kasus aktif di Lingg dan 136 di Natun.

Mendapatkan ke Zona Hijau tampaknya agak sulit karena persentasenya tingkat positif masih tinggi di setiap wilayah, bahkan jauh di atas ambang batas minimal yang ditetapkan WHO, yakni 5 persen.

tingkat positif itu adalah rasio antara jumlah kasus positif COVID-19 dan jumlah tes yang dilakukan. Pelacakan yang buruk dari orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif COVID-19 mengakibatkan tidak ada smear yang diambil dan berpotensi banyak orang tanpa gejala berkeliaran.

Di kabupaten dan kota di Kepulauan Riau persentasenya tingkat positif sangat tinggi, bahkan ada yang melebihi 30 persen,” ujarnya*.

Artikel sebelumyaTemuan penelitian: Pembelajaran online mengubah sifat anak-anak.
Artikel berikutnyaPemerintah Kota Semarang secara bertahap menutup tempat isoterm