Beranda Nusantara DPRD-PUPR Dinas Kalsel Bahas Upaya Hilangkan Akibat Banjir

DPRD-PUPR Dinas Kalsel Bahas Upaya Hilangkan Akibat Banjir

Banjarmasin (ANTARA) – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan bersama Badan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi setempat membahas penanganan bencana alam yang terjadi pada Januari 2021 pasca banjir.

“Pemeliharaan infrastruktur pasca banjir juga menjadi bagian dari poin-poin utama (Pokir) anggota Dewan pasca jeda,” kata H. Sakhrudzhani, Ketua Komisi III DPRD Kalsel, usai bertemu dengan perwakilan Kalsel. Pelayanan PMR di Banjarmasin, Kamis.

“Beberapa infrastruktur kita rusak dan perlu perbaikan akibat banjir yang pernah melanda hampir seluruh wilayah Kalsel,” ujarnya.

Sebagai contoh, di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Tanah Laut, sejumlah ruas jalan yang rusak perlu segera diperbaiki agar kerusakan tidak semakin parah.

“Oleh karena itu, kita perlu berdiskusi dengan dinas PUPR Kalsel untuk mencari solusi atas masalah infrastruktur yang rusak,” kata Sahrujani.

Secara terpisah, Sekretaris Dinas PUPR Kalsel, Nasrullah, mengatakan perbaikan infrastruktur yang terkena dampak banjir baru-baru ini tidak dapat dimaksimalkan pada tahun anggaran 2021.

“Ini karena anggaran kita juga sudah ‘refocused’ (penggalian anggaran) akibat pandemi COVID-19,” ujarnya didampingi Yasin Toiba, Kepala Dinas (Cabid) Administrasi Jalan Tol Kalsel.

“Tapi tetap menjadi masalah dan kami usulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalsel tahun anggaran 2022,” lanjutnya.

Mengenai pemikiran anggota Dewan, dia mengatakan pada prinsipnya tidak masalah dari segi alokasi dan anggaran.

“Kami juga akan mengusulkan anggota Dewan tentang infrastruktur dalam APBD Kalsel 2022,” kata Nasrullah. *** 3 ***

Artikel sebelumyaBPBR Solok menjaga penyeberangan sungai untuk mencegah bencana hidrometeorologi
Artikel berikutnyaPLN Nagant Raya menanam 3000 pohon di Danau Laut-Tadu