Beranda Nusantara Deteksi Pencemaran, DLH Bogor Sepanjang Kali Cileungsi

Deteksi Pencemaran, DLH Bogor Sepanjang Kali Cileungsi

Penyeberangan sungai ini kami lakukan untuk melihat secara langsung kualitas fisik dan daya dukung sungai, potensi masuknya pencemar baru, baik itu limbah pabrik, limbah rumah tangga maupun pembuangan liar.

Chibinong, Kabupaten Bogor (ANTARA) – Badan Perlindungan Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Jawa Barat memantau Sungai Chileungsi untuk mendeteksi pencemaran oleh warga atau industri di sekitar sungai.

“Penyeberangan sungai ini kami buat untuk melihat secara langsung kualitas fisik dan daya dukung sungai, potensi pencemar baru, baik limbah pabrik maupun limbah rumah tangga serta tempat pembuangan sampah ilegal,” kata Pj Kepala Dinas PLH Limbah beracun. Pengurus (PHLPLB3) DLH Kabupaten Bogor, Holid Mawardi di Cibinong, Kamis.

Kajian sungai dilakukan oleh dua tim. Satu tim berangkat dari Jembatan Vika ke Parung Dengdek dan tim lainnya berangkat dari Parung Dengdek ke Tsikudu, Distrik Chileungsi.

Dikatakannya, selain untuk mencegah pencemaran, penyelidikan juga merupakan upaya DLH untuk mengatasi keluhan dan memantau kepatuhan pemilik pabrik industri terhadap peraturan pengelolaan limbah.

“Kami memiliki tim patroli sungai sembilan orang yang bertugas memantau aliran sungai Chileungsi dan Chikeas, memantau sungai setiap hari,” kata Kholid Mawardi.

Sementara itu, Sub Koordinator DLH Kabupaten Bogor Bidang Perlindungan Lingkungan Dian Heru menambahkan, tim survei sungai juga mengambil beberapa sampel air dari Sungai Chileungsi untuk pengendalian kualitas melalui uji laboratorium.

“Jika terbukti dari hasil kajian laboratorium dan protokol observasi di lapangan, kami akan langsung memberikan sanksi,” ujarnya.

Artikel sebelumyaBKSDA Kirim Tim Penanggulangan Harimau ke Kebun Rakyat di Aceh Tenggara
Artikel berikutnyaBPBD: 24 rumah terendam banjir di Luwuk Timur Bangai