Beranda News Dasco minta pemerintah larang orang asing masuk ke Indonesia saat darurat PPKM

Dasco minta pemerintah larang orang asing masuk ke Indonesia saat darurat PPKM

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasko Ahmad meminta pemerintah mengambil langkah tegas dengan melarang warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia selama pemberlakuan kebijakan Pembatasan Darurat Kegiatan Publik (EPCP).

Ia menekankan, penting untuk memperhatikan efektivitas kebijakan darurat CPCM, agar diterapkan hanya sekali dan tidak berdampak negatif di berbagai sektor.

“Jadi selama pelaksanaan PPKM darurat, saya meminta pemerintah mengambil langkah tegas dengan melarang orang asing masuk ke Indonesia karena alasan perjalanan atau pekerjaan,” kata Dasco saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, langkah pelarangan WNA masuk ke Indonesia untuk memastikan PPKM berjalan efektif terkait dengan keselamatan publik dan sebagai langkah antisipasi peningkatan jumlah varian COVID-19 yang masuk ke Indonesia.

Koordinator Gugus Tugas COVID-19 DPR RI dan PEN berpendapat bahwa semua pihak sepakat bahwa keselamatan manusia adalah hukum tertinggi, oleh karena itu, tindakan tegas harus diambil untuk melarang masuknya orang asing ke Indonesia sebagai langkah untuk melindungi penduduk. publik dan mengantisipasi munculnya varian COVID-19 dari luar negeri.

Dasco menilai langkah berani pemerintah menerapkan kebijakan PPKM di 44 kabupaten/kota di 6 provinsi (Jawa Bali) sebagai upaya meredam laju penyebaran COVID-19 yang semakin mengkhawatirkan.

Dasco berharap masyarakat tidak bosan melawan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan membatasi aktivitas di luar ruangan selama keadaan darurat PPKM.

“Kami semua lelah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan melakukan pekerjaan rumah tangga, tetapi untuk kebaikan dan keselamatan bersama, tolong jangan santai,” katanya.

Ketua Harian DPP Gerindra mengimbau semua pihak untuk meningkatkan tingkat saling pengertian dalam memerangi COVID-19, dengan tetap berpegang pada prosedur dan kebijakan pemerintah yang ketat selama PPKM Arurat.

Artikel sebelumyaGeopark Tambora masuk nominasi UNESCO Global Geopark
Artikel berikutnyaDPR MP: Pejabat pemerintah yang melanggar MAPM harus diberi sanksi