Beranda News Danrem 102 Panju Panjung menerima gelar orang Dayak asli dalam rangka HUT...

Danrem 102 Panju Panjung menerima gelar orang Dayak asli dalam rangka HUT TNI.

Palangka Raya (ANTARA) –

Panglima Korem 102 Panju Panjung (102/Pjg) Brigjen Yudianto Putrajaya menerima pangkat Adat Dayak pada perayaan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di pengadilan setempat Makorem.

“Kami memberikan gelar ini kepada orang Dayak karena Dunrem dipercaya untuk meningkatkan keamanan dan memajukan pembangunan di Kalteng,” kata Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran di Palangka Raya, Rabu.

Nama tradisional orang Dayak, diterima oleh Danrem 102 Panju Panjung, selengkapnya: “mantir hai panambahan antang baputi karambang levu, manderekh danum pananggak rundung hapamantai tambun, tisan mandui asep sandava more nyaruntai paluru barantai.”

“Pada saat Penyebutan Adat Dayak dan perayaan HUT TNI ke-77, kami juga berharap TNI semakin kuat, terus berinteraksi dengan pemerintah dan semakin dekat dengan masyarakat agar semakin membawa berkah bagi Kalteng. ,” kata Agustiar.

Pernyataan itu disampaikan seseorang yang juga anggota DPR RI untuk daerah pemilihan Kalteng di sela-sela perayaan HUT TNI ke-77 di halaman Makorem 102 Panju Panjung, Kota Palangka Raya. Turut hadir Wakil Gubernur Edi Pratovo, perwakilan Vorkopimd di Kalteng dan lainnya.

Sementara itu, Brigjen Yudianto Putrajaya mengaku mendapat kehormatan tinggi dari masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah melalui DAD yang memberikan gelar adat kepada mereka.

“Saya juga berniat untuk mendukung budaya Dayak Kalimantan Tengah dan terus melestarikannya untuk anak cucu agar tidak punah karena waktu dan perkembangan,” kata Dunrem.

Sebelumnya, saat menjabat sebagai inspektur pada upacara HUT TNI, Judianto juga membacakan amanat Panglima TNI yang menyatakan bahwa hasil beberapa lembaga pemungutan suara menunjukkan TNI memiliki kepercayaan publik tertinggi.

Hasil survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 24 Juni 2022 menunjukkan TNI meraih 93,2 persen kepercayaan publik.

Lembaga penelitian lainnya, Center for Strategic and International Studies (CSIS), pada 27 September 2022, merilis hasil survei dukungan dan kepuasan terhadap kinerja TNI di bidang demokrasi sebesar 93,5 persen.

Ia meminta seluruh prajurit TNI dan PNS di jajaran 102 Panju Panjung Korem untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan bertindak dan berbicara sesuai dengan tugas pokok TNI.

Sementara itu, Gubernur Kalteng, Sugyanto Sabran yang juga hadir dalam acara tersebut berharap kesejahteraan jajaran TNI semakin meningkat dan menjadi salah satu perhatian utama.

“TNI yang kuat akan membuat negara lebih berdaulat dan bermartabat,” kata Sugianto.

Artikel sebelumyaTheater 16 sukses berkolaborasi dengan Max Arifin
Artikel berikutnyaPuan: DPR RI Berkomitmen Kelola Krisis dan Pandemi di P20