Beranda News Casal berencana memindahkan markas Koarmada I pada 5 Desember mendatang.

Casal berencana memindahkan markas Koarmada I pada 5 Desember mendatang.

Jakarta (ANTARA) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono berencana merelokasi Markas Komando Armada (Koarmada) I dari Jakarta ke Tanjung Pinang dalam rangka HUT Armada 5 Desember 2022.

“Pada 5 Desember, harapan saya menjadi kenyataan. mapan Armada I di Tanjungpinang, Lantamal IV di Batam dan Lanal Batam berubah menjadi Lanal Tanjung Uban,” kata Yudo kepada wartawan di lapangan Arafuru di Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa.

Yudo menjelaskan, pembangunan infrastruktur untuk memindahkan Koarmada I ke Tanjung Pinang, kemudian Lantamala IV dari Tanjung Pinang ke Tanjung Uban, serta Lanal Tanjung Uban dari Batam ke Tanjung Uban, dilakukan secara bertahap, sebagaimana telah disetujui oleh DPR. komandan VNI.

“Kami telah menerapkannya secara bertahap sejak kami disetujui saat itu. Saya laporkan ke Panglima TNI soal pemindahan markas, agar nanti bisa ditentukan hari jadi armada pada 5 Desember nanti,” katanya.

Adapun markas yang berlokasi di Jakarta akan menjadi markas komando militer Indonesia.

“Jadi, kita akan menempatkan RI Koarmada di gedung tetangga di Jakarta, di Koarmada Pertama,” kata Yudo.

Kasal menjelaskan, Komando TNI dilantik sejak 6 Februari 2022, dan pemindahan jabatan Panglima Komando TNI Angkatan Laut saat itu merupakan pemindahan jabatan ketiga di lingkungan TNI.

Panglima Komando Angkatan Bersenjata Republik Indonesia bertanggung jawab mengoordinasikan tugas Koarmad I, II dan III untuk memastikan keselarasan doktrin, kesamaan doktrin, dan pengembangan Koarmad I, II dan III. sama dan adil.

“Jadi dengan Komando TNI, tugas I, II dan III Koarmada berada dalam satu kesatuan komando,” ujarnya.

Hal itu disampaikannya menyusul serah terima jabatan Panglima Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) dari Laksamana Madya TNI Abdul Rasid kepada Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto di Lapangan Arafura Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa.

Artikel sebelumyaTNI AL Siapkan 12 Kapal Perang Amankan KTT G20
Artikel berikutnyaPemerintahan Presiden: RUU KUHP Semangat Pembaharuan