Beranda News BPKP Ikut Kompensasi BLT Penyesuaian Harga BBM

BPKP Ikut Kompensasi BLT Penyesuaian Harga BBM

Jakarta (ANTARA) – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) konsisten mengawal program Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk meringankan beban masyarakat miskin di tengah penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM).

“Pengawasan yang dilakukan BPKP adalah untuk memastikan proses perencanaan hingga pendistribusian BLT BBM berjalan sesuai prosedur,” kata Michael Rolandi, Direktur Pengawasan Sosial dan Penanggulangan Bencana BPKP, dalam keterangannya di Jakarta. Jumat.
BPKP melatih auditornya untuk mengawal program bantuan dengan membagikan pedoman pengawasan teknis, di mana salah satu bidang pengawasannya adalah kompensasi BLT untuk penyesuaian harga BBM bersubsidi.

Michael mengatakan, tujuan pemantauan BPKP, selain pengelolaan, juga menyasar database penerima manfaat yang masuk dalam data DTKS (Data Terpadu Jaminan Sosial), dan tiga titik akurasi yakni tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat sasaran. secara keseluruhan.
Menurutnya, pengawasan terhadap BLT BBM tidak hanya dilakukan oleh BPKP Pusat, tetapi juga melibatkan 34 perwakilan BPKP.
“Pengawasan dilakukan untuk mengidentifikasi masalah lain yang mungkin timbul dengan penyebaran BLT BBM dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan,” katanya.

Pengawasan BPKP saat ini difokuskan untuk memastikan penyaluran BLT BBM kepada seluruh KPM (keluarga penerima manfaat) penerima Program BLT BBM periode September-Oktober 2022.
“KPM mana yang layak dibantu (melihat kondisi ekonomi, pekerjaan, perumahan, bukan ASN/TNI/Polri),” ujarnya lagi.
Diketahui, pemerintah menerapkan BLT BBM sebesar Rp 150.000 per bulan per KPM selama 4 bulan, yang disalurkan secara tunai melalui PT Pos untuk masing-masing KPM.

Artikel sebelumyaBKKBN: kebebasan memilih kontrasepsi berdasarkan hasil skrining
Artikel berikutnyaBKKBN: KB tidak menghentikan kehamilan, tetapi membuat ibu tetap sehat