Beranda Warganet BPJAMSOSTEK mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan perusahaan yang melindungi kader...

BPJAMSOSTEK mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan perusahaan yang melindungi kader PKK Dasawisma.

Jakarta (ANTARA) – BPJAMSOSTEK mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan perusahaan yang telah bekerja sama dalam penyediaan lapangan kerja dan perlindungan sosial bagi tenaga kerja PKK Dasawisma.

“Semoga kepedulian ini dapat menular ke perusahaan lain untuk turut ambil bagian dalam melindungi tenaga kerja dasa wisma di wilayah Jakarta Utara,” kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kader Dasawisma merupakan kader pemberdayaan keluarga (PKK) yang menjadi motor penggerak program kesejahteraan keluarga.

Ali telah mengikutsertakan tenaga dasawisma dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJAMSOSTEK.

Pemberian perlindungan secara simbolis diserahkan kepada enam kader Dasawisma yang hadir di Aula Fathillah Balai Kota Jakarta Utara, Jumat (13 Agustus).

Turut hadir Wakil Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK DKI Jakarta Eko Nugriyanto, Ketua DPP Solikhin Apindo DKI Jakarta, Senior Manager Regional PT Indomarco Prismatama Frankie Kahayadi dan Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Kelapa Gading Erfan Kurniavan.

Peserta pertama adalah Ketua Kelompok Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Feri Farhati, Ketua Kelompok Penggerak PKK Pemerintahan Jakarta Utara Yenni Nursanti Ali dan pimpinan perusahaan donatur untuk 1.212 kader dasawisma.

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim (keenam dari kiri di barisan belakang) berfoto bersama para penerima BPJAMSOSTEK (baris pertama) di Jakarta, Jumat (13/08/2021). (ANTARA / Erafzon Saptiyulda AS / ho bpjamsostek)

Eco dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Jakarta Utara atas inovasi dan kepeduliannya dalam memberikan perlindungan sosial kepada kader Dasawisma. Tindakan personel merupakan risiko sosial apabila terjadi kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

“Tenaga kerja Dasawisma termasuk dalam kategori pekerja yang harus dilindungi dari risiko industri dan berhak menjadi anggota BPJAMSOSTEK agar bisa tenang dan nyaman dalam bekerja,” ujar Eco.

Solikhin menyampaikan dukungan dan mengajak perusahaan sebagai bentuk kepedulian dan wujud nyata kerjasama perusahaan dengan pemangku kepentingan lainnya dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif.

“Dukungan perlindungan dari BPJAMSOSTEK ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Dasawisma di masa pandemi karena secara langsung berdampak dan membantu masyarakat di lapisan terbawah,” kata Solikhin.

Kerja sama antara perusahaan dengan Pemkot Jakarta Utara ini merupakan yang pertama di DKI Jakarta. 12.499 karyawan Dasavisma akan terlindungi dari risiko produksi.

Feri Farhati, istri Anies Basvedan, menyampaikan terima kasih dan simpati atas kerjasama berupa perlindungan kader dasawisma yang baru saja ditemukan di Jakarta Utara, dan berharap daerah lain bisa mengikuti.

Ia menambahkan, peran dasavishma sangat besar dalam meningkatkan peluang dan kesejahteraan keluarga.

Pada kesempatan yang sama, Erfan Kurniavan, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Kelapa Gading Jakarta, mengatakan acara ini bisa menjadi panutan bagi bidang usaha lain untuk melindungi pekerja sosial agar dapat menggunakan haknya dan menjadi peserta Jamsostek.

“Kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa sinergi dan kerjasama dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera, sebagaimana disyaratkan oleh undang-undang,” kata Erfan.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, santunan kepada JKK dan JK juga diserahkan kepada enam penerima manfaat BPJAMSOSTEK senilai total Rs 440 juta.

BPJAMSOSTEK Jakarta Utara juga menyerahkan bantuan lebih dari 500 set Alat Pelindung Diri (APD) dan sarung tangan pegawai yang diterima langsung dari Walikota Jakarta Utara*.

Artikel sebelumyaWagub Jateng Ajak Mahasiswa Berinovasi Percepat Vaksinasi
Artikel berikutnyaKepala diskesal meninjau persiapan pusat oksigen Jawa Timur di PT SIER