Beranda Hukum BPIP menekankan pentingnya peran keluarga dalam membina nilai-nilai Panchashila.

BPIP menekankan pentingnya peran keluarga dalam membina nilai-nilai Panchashila.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Hariyono menekankan pentingnya peran keluarga, khususnya orang tua, dalam menanamkan nilai-nilai panchashila kepada para pewaris bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

“Keluarga adalah institusi pertama dan utama dalam membentuk karakter suatu bangsa,” kata Hariyono pada seminar nasional “Menerapkan Nilai-Nilai Panchasil Untuk Membangun Keluarga Pankasil Indonesia” yang disiarkan langsung di BPIP RI. Saluran YouTube, Rabu.

Keluarga, lanjutnya, harus memiliki orientasi, dan orientasi ini mengacu pada nilai-nilai kebajikan yang selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Panchashila.

Orang tua akan mendidik anak-anaknya dengan menggunakan nilai-nilai yang dianut oleh keluarganya, sehingga secara langsung berkontribusi pada pembentukan karakter bangsa.

Dengan demikian, melihat pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter bangsa, Hariyono mengatakan bahwa sosialisasi nilai-nilai Panchashila tidak hanya untuk lembaga formal kehidupan, tetapi juga untuk keluarga.

Untuk memastikan sosialisasi pentingnya pengenalan nilai-nilai Panchasil ke dalam kehidupan sehari-hari, BPIP mempertemukan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk membantu menyebarkan nilai-nilai Panchasil kepada elemen yang paling mendasar yaitu keluarga, dan membangun karakter bangsa.

Menurut Hariyono, bangsa yang bercirikan Panchasila adalah bangsa yang memiliki kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan finansial, dan kesadaran kesehatan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang terbaik dan maksimal bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita bisa melihat kehidupan yang lebih baik, terutama kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Dikatakannya, kesejahteraan negara, kemajuan negara dan kemandirian negara tidak dapat diciptakan oleh pemerintah tanpa keterlibatan warga negara.

Oleh karena itu, dengan menyadarkan keluarga dan seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya peran warga negara dalam pembangunan bangsa, Hariyono berharap masyarakat dapat bersinergi untuk mewujudkan bangsa yang maju dan berwatak Panchashila.

“Panchasila bukan hanya semboyan. Panchasila adalah tindakan, seperti praktik kehidupan. Baik untuk kehidupan berkeluarga, berbangsa dan bernegara,” kata Hariyono.

Artikel sebelumyaKejagung awasi program pemulihan ekonomi nasional
Artikel berikutnyaDalam Semangat Sumpah Pemuda, Menteri Kominfo Ajak Pemuda Songsong Babak Baru Dunia