Beranda Nusantara BPDAS: perlu memperbanyak vegetasi di kawasan air terjun Montel Cudus.

BPDAS: perlu memperbanyak vegetasi di kawasan air terjun Montel Cudus.

Yang terpenting pemerintah desa setempat ikut mengawasi pengambilan air dari wilayahnya agar tidak berlebihan.

Kudus (ANTARA) – Balai Besar Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Pemali Jratun (BPDAS-HL) Semarang, Jawa Tengah mengatakan, cara mengatasi permasalahan di kawasan Air Terjun Montel di Kudus yang tidak ada air saat musim kemarau, adalah dengan menambah vegetasi. .

“Hasil pantauan Air Terjun Montel di Desa Kolo, Kecamatan Dow, Kabupaten Qudus, di sini cukup banyak pohon dan tidak ada kerusakan hutan,” kata Pemali Jratun, Kepala Program Hutan Lindung DAS Pusat Pengelolaan DAS. dan Hutan Lindung (BPDAS-HL). Ahmad Sudarno di Qudus, Kamis.

Hanya saja saat ini tidak banyak vegetasi, katanya, sehingga perlu dilakukan upaya ekstra untuk menjaga air mengalir di sungai setempat selama musim kemarau sehingga Anda dapat menikmati Air Terjun Montel di desa setempat.

Dengan kondisi saat ini, objek wisata Air Terjun Montel di kawasan Dow hanya bisa digunakan saat musim hujan, karena airnya tidak mengalir saat musim kemarau.

Adapun banyaknya warga sekitar yang mengambil air untuk kebutuhan rumah tangga, kata dia, hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi ketersediaan air yang masuk ke kawasan wisata Montel.

“Yang terpenting pemerintah desa setempat ikut mengawasi pengambilan air dari wilayahnya agar tidak berlebihan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi dari pedagang kaki lima yang sudah berjualan di kawasan wisata Air Terjun Montel selama bertahun-tahun, diperkirakan air terjun tersebut sudah terlihat sejak tahun 2013.

Padahal sebelumnya tidak ada masalah ketersediaan air dari atas air terjun, karena sumbernya tidak pernah mati dan terus mengalir, meski sedang musim kemarau.

Artikel sebelumyaPembukaan pabrik pengolahan di kawasan industri Medan
Artikel berikutnyaPemkab Tangerang normalkan muara Chiketapang