Beranda Warganet BPBD: 5.318 orang terdampak banjir di Langs

BPBD: 5.318 orang terdampak banjir di Langs

Banda Aceh (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langsa, Aceh, menyebutkan 5.318 jiwa dari 1.750 KK terdampak banjir di kawasan itu akibat hujan yang turun sehari sebelumnya.

Kepala BPBD Kota Langsa Nursal Saputra di Langsa mengatakan, Jumat, ribuan warga terdampak banjir tersebar di 13 desa atau gampong.

“Banjir itu akibat hujan yang mengguyur Kota Langsa sejak kemarin. Ketinggian air berfluktuasi hingga setinggi dada orang dewasa,” kata Nursal Saputra.

Warga terdampak banjir berada di kawasan Langsa Baro, termasuk di Desa Paya-Bujuk-Seulemak, yang dihuni 3.450 jiwa dari 1.150 KK. Desa Karang Anyar berpenduduk 623 jiwa dari 200 KK, sedangkan Desa Lengkong berpenduduk 1245 jiwa dari 400 KK.

Sementara di kawasan Langsa Baro seperti Desa Teungo, Desa Alue Berawe, Desa Blang, Desa Jawa, Desa Blang Paseh, Desa Tualang Teungo, Pekan Langsa, Blang Seunibong, Desa Matang Seulimeng dan Desa Alue Dua Bacaran Bate masih mengumpulkan.

“Saat ini petugas lapangan masih melakukan pendataan warga yang terdampak banjir. Tim gabungan juga sedang mengevakuasi warga yang terjebak banjir,” kata Nursal Saputra.

Sementara itu, Kapolsek Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro mengatakan, aparat kepolisian dikerahkan untuk membantu masyarakat yang terkena banjir. Petugas kepolisian juga mendistribusikan perbekalan darurat.

“Banjir itu akibat hujan deras yang membanjiri Kota Langsa. Tim polisi terus bekerja untuk mengevakuasi warga yang terkena dampak banjir dan membantu menyelamatkan harta benda warga,” kata Agung.

Artikel sebelumyaBandarlampung: Seluruh Instansi Kesehatan menghentikan sementara pemberian sirup
Artikel berikutnyaMoeldoko: Bantuan sosial besar-besaran diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat