Beranda Nusantara BPBD: 24 rumah terendam banjir di Luwuk Timur Bangai

BPBD: 24 rumah terendam banjir di Luwuk Timur Bangai

Palu (ANTARA) –

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan, 23 rumah rusak parah akibat banjir yang terjadi pada Selasa 30 Agustus 2022 di dua desa di Kecamatan Luwuk Timur Kabupaten Bangai, Sulawesi Tengah.
“Total 23 rumah rusak berat, 15 di antaranya di Desa Indang Sari dan sembilan rumah di Desa Pohi,” kata Kepala BPBD Bangai Mujiono yang dihubungi Palu, Kamis.
Ia menjelaskan, data tersebut bersifat sementara, karena pihaknya masih mengumpulkan data dampak banjir.
Selain rusak berat, banjir dilaporkan menghanyutkan sekitar enam rumah warga Indang Sari, termasuk satu gereja dan satu jalan utama, yang rusak parah dan menimpa 142 warga.

“Banjir di desa itu juga menghanyutkan tujuh kendaraan, termasuk dua ekor sapi (sapi),” kata Mujiono.
Di Desa Pokhi tercatat 100 unit rumah rusak, sembilan di antaranya rusak berat.
Selain itu, pemerintah daerah (Pemda) telah mendirikan tiga posko pengungsian, dua di antaranya di Desa Indang Sari, satu di Desa Pohi, termasuk penyediaan air bersih dan dapur umum untuk kebutuhan konsumen.
“Kami juga sudah menyiapkan posko utama untuk mempermudah koordinasi, serta pusat informasi dan shelter logistik,” kata Mujiono.
Ditambahkannya, tidak menutup kemungkinan pihak lain juga akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir, sehingga pemerintah daerah sangat terbuka, karena dalam keadaan darurat seperti itu, kebutuhan pangan sangat mendesak.
“Hingga hari kedua pasca banjir, air mulai surut, namun material masih mengendap di pemukiman warga, dan debit air sungai di Desa Pohi masih tinggi, sehingga pengerjaan normalisasi masih tertunda,” kata Mujiono. .*

Artikel sebelumyaDeteksi Pencemaran, DLH Bogor Sepanjang Kali Cileungsi
Artikel berikutnyaPesan BMKG untuk penduduk pegunungan dan pesisir Aceh Utara