Beranda Nusantara BPBA: Kebakaran menghanguskan 25 hektar hutan lindung di Aceh Tengah

BPBA: Kebakaran menghanguskan 25 hektar hutan lindung di Aceh Tengah

Banda Aceh (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBA) Aceh menyatakan 25 hektare hutan lindung di Kabupaten Aceh Tengah telah terbakar, namun kondisi titik api terakhir berhasil dipadamkan.

Direktur Eksekutif BPBA Ilyas di Banda Aceh, Jumat, mengatakan kebakaran hutan lindung telah terjadi di beberapa titik di kawasan Desa Mendele, Kabupaten Kebayakan, Aceh Tengah sejak Kamis (14/10). Api dengan cepat menjalar ke titik lain, karena petugas kesulitan mencapai lokasi.

“Total, sekitar 25 hektar hutan lindung telah terbakar. Kondisi terakhir Pusdalops BPRP Aceh Tengah adalah api berhasil dipadamkan,” kata Ilyas.

Menindaklanjuti laporan kebakaran tersebut, BNBR Aceh Tengah terus berupaya memadamkannya dengan menerjunkan beberapa petugas dan dua unit pemadam kebakaran.

Para pegawai TNI-Polri dan masyarakat sekitar juga turut serta memadamkan api. “Penyebab kebakaran masih diselidiki,” kata Ilyas.

Hingga Kamis malam (14.10), dilaporkan hutan lindung seluas 19,5 hektar telah terbakar di beberapa titik di wilayah Aceh Tengah. Namun, titik panas terus meluas dan mencapai 25 hektar pada Jumat sore.

Hot spot terus berkembang karena lokasi sulit diakses. Bahkan, kata Ilyas, ada beberapa titik api yang berjarak sekitar 4-8 kilometer dari posko utama hingga lokasi kebakaran.

Menurut dia, sumber air juga jauh, sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api.

Artikel sebelumyaBRIN memprediksi hujan lebat dengan potensi banjir di beberapa wilayah.
Artikel berikutnyaGempa berkekuatan 4,8 di Bali karena kerusakan lokal menyebabkan beberapa kerusakan