Beranda Nusantara BMKG: Waspadai hujan dan angin di bagian barat Pulau Flores.

BMKG: Waspadai hujan dan angin di bagian barat Pulau Flores.

Angin kencang dengan kecepatan 15-25 knot dapat terjadi di sebagian Pulau Flores bagian barat.

Kupang (ANTARA) – Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi dan Klimatologi, Geofisika (BMKG), Agung Sudiono Abadi mengimbau warga mewaspadai kemungkinan hujan disertai angin kencang di bagian barat Pulau Flores. di Timur. Nusa Tenggara.

“Angin kencang dengan kecepatan 15-25 knot dapat terjadi di sebagian Pulau Flores bagian barat, disertai hujan sedang dan kilat,” kata Agung Sudiono saat dikonfirmasi di Kupang, Sabtu.

Ia menyebut sejumlah wilayah di Pulau Flores bagian barat yang terkena dampak cuaca ekstrem, yakni Ende, Ngada, Nagekeo, Mangaray, Mangaray Timur, dan Mangaray Barat.

Oleh karena itu, Agung menghimbau kepada warga di wilayah terdampak agar meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi dampak bencana alam yang mungkin terjadi, seperti banjir bandang, serta kebakaran hutan dan lahan.

Ia juga menjelaskan, wilayah NTT secara keseluruhan saat ini masih dalam musim kemarau, sehingga potensi angin kencang yang kering pada musim kemarau harus diwaspadai yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang luas.

Angin kencang juga dapat menyebabkan pohon, baliho atau baliho tumbang, yang dapat mengancam keselamatan warga sekitar.

Agung meminta pemerintah setempat dan masyarakat NTT untuk terus memantau perkembangan informasi meteorologi guna mengambil langkah-langkah mitigasi akibat dari kemungkinan bencana hidrometeorologi.

Bagi masyarakat yang menginginkan informasi cuaca terkini, Stasiun Meteorologi El Tari Kupang membuka layanan informasi cuaca 24/7 dan dapat menghubungi nomor telepon atau WhatsApp 081139404264.

Atau, ini dapat dilakukan melalui situs web: meteoeltari.com; email: met_kupang@yahoo.com atau melalui aplikasi BMKG Info.

Artikel sebelumyaDari Ivan Fals hingga Eco Yuli Irvan rayakan HUT ke-76 RRI
Artikel berikutnyaIndonesia Pertahankan Kenaikan Suhu Bumi Tidak Lebih Dari 1,5 Derajat Celcius