Beranda Nusantara BMKG: Sebagian besar kota besar di Tanah Air mengalami hujan ringan

BMKG: Sebagian besar kota besar di Tanah Air mengalami hujan ringan

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan beberapa kota besar di Tanah Air akan diguyur hujan ringan pada Selasa (9/9).

Berdasarkan informasi yang disampaikan BMKG online di Jakarta, Selasa, disebutkan bahwa terpantau sirkulasi siklon di barat daya Samudera Hindia Lampung, Kalimantan Barat, Laut Sulawesi bagian barat, yang membentuk zona konvergensi membujur di barat daya Samudera Hindia. Laut Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan, Sulawesi Timur dan Tengah.

Daerah pertemuan juga terpantau di Samudera Hindia bagian barat, Bengkulu, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Laut Cina Selatan, Laut Jawa bagian timur, perairan NTB bagian utara, Laut Seram dan Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi.

Di Pulau Sumatera yang terletak di Kabupaten Pangkalpinang dan Palembang, diprakirakan hujan ringan. Sementara itu, di wilayah Bandar Lampung diperkirakan kabut dan hujan ringan di wilayah Padang. Hati-hati di wilayah Bengkulu dan Jambi karena akan terjadi hujan disertai petir.

Kemudian di Banda Aceh diperkirakan cuaca berawan, sedangkan Medan dan Pekanbaru diperkirakan akan hujan ringan. Waspada di wilayah Tanjung Pinang karena diprakirakan hujan disertai kilat dan awan diprakirakan di Jawa, Serang dan Jakarta. Sementara itu, di wilayah Bandung diperkirakan hujan ringan.

Surabaya diprakirakan berawan, dengan awan tebal di Yogyakarta dan hujan ringan di Semarang. Sementara di Kalimantan, Palangka Raya dan Samarinda diprakirakan hujan ringan. Sementara itu, curah hujan sedang diprakirakan untuk wilayah Pontianak.

Kemudian di Tanjung Selor diperkirakan kabut, dan di Banjarmasin diperkirakan hujan ringan. Sulawesi yang terletak di wilayah Gorontalo dan Makassar akan mengalami hujan ringan. Sementara itu, Palu diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Wilayah Kendari diprakirakan berawan, dan wilayah Mamuju diprakirakan waspada akan hujan lebat, dan wilayah Manado juga diprakirakan waspada karena diprakirakan hujan disertai kilat.

Prakiraan berawan untuk wilayah Denpasar dan Kupang. Sementara itu, di wilayah Mataram, hujan dengan intensitas sedang. Sementara itu, wilayah Ternate dan Jayapura di Indonesia bagian timur diprakirakan berawan, sedangkan di Manokwari dan Ambon diprakirakan hujan ringan.

Artikel sebelumyaAbang Non Jakarta 2022
Artikel berikutnyaBMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Perairan Indonesia