Beranda Nusantara BMKG mengingatkan, dalam 3 hari ke depan di Aceh kemungkinan terjadi gelombang...

BMKG mengingatkan, dalam 3 hari ke depan di Aceh kemungkinan terjadi gelombang hingga 4 meter.

Waspadai kemungkinan gelombang tinggi di perairan utara Sabang, perairan Aceh Barat dan Meulabo.

Banda Aceh (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta pihak pelabuhan penyeberangan dan masyarakat umum mewaspadai kemungkinan tinggi gelombang atau gelombang laut mencapai 4 meter di perairan wilayah Aceh.

Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakariya Ahmad, Kepala Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG, di Banda Aceh, Selasa, mengatakan peringatan telah dikeluarkan untuk perkiraan tinggi gelombang laut selama tiga hari ke depan.

“Mewaspadai kemungkinan gelombang tinggi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan Meulabo – Kepulauan Sinabang dan Samudera Hindia bagian barat Aceh yang bisa mencapai 4 meter atau lebih,” kata Zakaria.

Selain itu, BMKG juga meminta masyarakat mengetahui kemungkinan terjadinya gelombang laut dengan ketinggian berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter di bagian utara Selat Malaka, di persimpangan perairan Banda Aceh – Sabang dan di perairan Lokseumave.

Sedangkan untuk penyeberangan kapal ke Kabupaten Simeulue dari Kabupaten Aceh Barat atau dari pulau Sinabang – Meulabo, kemungkinan tinggi gelombang laut mencapai 4 meter.

Menurut klasifikasi tinggi gelombang laut dari 1,25 hingga 2,5 meter, masih termasuk dalam kategori sedang, dan tinggi dari 2,5 hingga 4 meter sudah termasuk dalam kategori tinggi.

Karena itu, Zakaria menghimbau kepada warga dengan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan saat melaut dalam kondisi cuaca seperti itu.

“Kami mengimbau kepada para nelayan agar mengingat ketinggian ombak saat melaut, agar lebih berhati-hati. Kemudian kita juga beralih ke aksi di simpang Banda Aceh – Sabang dan Aceh Barat – Simeulue,” ujarnya.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan warga akan potensi hidrometeorologi di Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah dan sebagian Bener Meria yang berpotensi rawan hujan lebat dan petir.

Sementara itu, di Sabang, Lokseumava, Banda Aceh dan sebagian Pidi, kondisi cuaca cerah dan mendung terpantau.

“Sementara, prakiraan cuaca sejumlah kabupaten/kota lain di Aceh berkisar mendung lebat hingga hujan sedang,” kata Zakaria.

Artikel sebelumyaHari Kemerdekaan adalah dorongan untuk kemerdekaan Indonesia dari COVID-19
Artikel berikutnyaMantan Wakil Gubernur Bali dibebaskan pada 17 Agustus di Lapas Kerobokan.